Pemula Juga Bisa Kaya Raya dari Bisnis Kos-kosan Lho! Ini 8 Tips Rahasianya

bisnis kos-kosan

Usaha di bidang properti bisa dibilang tak kenal kata rugi. Pasalnya, harga properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Selain itu, bisnis di bidang properti juga menjadi cara bagi seseorang untuk bisa menghasilkan pendapatan pasif atau passive income. Memang tak bisa dipungkiri, bisnis di bidang properti membutuhkan modal yang tidak sedikit, tapi hal ini sepadan dengan hasil yang bisa diperoleh. Jika ingin kaya dalam bidang ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis kos-kosan. Namun sebelum memulainya, simak berbagai tips penting memulai usaha kos-kosan lewat artikel berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Kos-kosan bagi Pemula

bisnis kos-kosan
Sumber: freepik

Bisnis kos-kosan menjadi salah satu opsi terbaik dalam investasi di bidang properti, terutama di daerah yang dekat dengan area kampus atau perkantoran. Setiap tahunnya, ada banyak orang yang merantau ke daerah lain untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di perusahaan tertentu. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun usaha kos-kosan di sekitar area kampus, perkantoran, atau pertokoan. Di bawah ini telah terangkum beberapa tips bisnis kos-kosan bagi pemula yang bisa Anda coba.

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Tips investasi kos-kosan pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih lokasi yang tepat. Pastikan kawasan tersebut strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, sarana transportasi umum, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Namun, Anda juga harus menyiapkan modal besar untuk membangun kos-kosan di kawasan ini karena harga tanah atau bangunan di lokasi yang strategis cenderung mahal. 

Kabar baiknya, Anda akan lebih gampang mendapatkan penyewa karena segala fasilitas umum yang dibutuhkan lebih mudah diakses. Harga sewanya mungkin mahal, tapi bisa menghemat biaya transportasi jika dibandingkan dengan menyewa kos di tempat jauh dengan harga yang lebih murah.

2. Mempertimbangkan Kawasan yang Prospektif

Selain mencari lokasi yang strategis, Anda juga bisa mempertimbangkan prospek yang dimiliki kawasan tersebut di masa depan. Akan lebih menguntungkan jika memilih kawasan yang berpotensi mengalami pembangunan pada tahun-tahun mendatang karena dapat dipastikan kawasan tersebut akan menjadi semakin ramai. Imbasnya, akan ada banyak orang yang mencari tempat tinggal di daerah tersebut.

Baca juga: Bisnis Properti adalah Bisnis Paling Menggiurkan, Ini Rahasia Suksesnya

3. Menyediakan Fasilitas Kamar Kos yang Memadai

Selain lokasi, fasilitas yang tersedia juga menjadi daya tarik yang mengundang minat orang lain untuk menyewa kos-kosan di tempat Anda. Hal ini meliputi  kamar mandi, dapur, jasa laundry, perabotan kamar, dan lain-lain. Jika ingin terlihat estetis, Anda bisa membangun rumah kos-kosan dengan desain yang menarik. Perhatikan juga kebersihan di area kos sehingga penghuninya akan merasa nyaman saat tinggal di sana. Selain itu pikirkan juga sistem keamanan sekitar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Akses Air Bersih yang Mudah

Selain lokasi dan fasilitas kamar kos, akses ke air bersih juga harus dipikirkan dengan matang. Pasalnya, air bersih menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari untuk menunjang berbagai kegiatan seperti mandi, berwudhu, mencuci, dan lain-lain. Hal ini juga menjadi pertimbangan utama bagi calon penyewa saat mencari kos-kosan sebagai tempat tinggal sementara.

Baca juga: Buktikan! 6 Rahasia Bisnis Properti Ini Bikin Kaya Raya

5. Tawarkan Harga Terbaik

Lokasi dan fasilitas yang Anda tawarkan tentunya menentukan harga sewa kamar. Agar bisa menarik minat calon penyewa, berikan harga terbaik yang sepadan dengan fasilitas yang ada di kos-kosan tersebut. Anda bisa mencari tahu kisaran harga kamar kos di daerah sekitar sebagai perbandingan sebelum menentukan harga. Jika dirasa, usaha kos-kosan Anda memiliki fasilitas yang lebih unggul tidak ada salahnya untuk menaikkan harganya. Namun, pastikan untuk survey harga dulu sebagai perbandingan supaya bisa menentukan harga yang tepat.

6. Selalu Memantau Kondisi Bangunan Kos-Kosan

Saat bisnis kos-kosan sudah berjalan, pastikan untuk selalu mengecek kondisi bangunan kos-kosan yang Anda miliki. Siapa tahu ada bagian tertentu di dalam rumah kos yang perlu diperbaiki seperti genteng bocor, tembok jamuran, keran rusak, dan lain-lain Apabila ada kerusakan, maka segera perbaiki agar penyewa tetap merasa nyaman dan tidak punya keinginan untuk pindah ke tempat lain. 

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti dari Nol

7. Menyediakan Layanan Tambahan 

Apabila memiliki dana lebih, Anda juga bisa menyediakan fasilitas tambahan bagi penghuni kos. Misalnya saja kamar mandi dalam yang menyediakan heater, koneksi Wifi, TV layar datar, catering harian dan lain-lain. Walaupun penyewa harus membayar lebih mahal, tapi layanan tambahan tersebut juga berpotensi mendatangkan penyewa di kalangan tertentu.

8. Promosi di Jejaring Sosial

Cara iklan yang yang paling efektif di era digital seperti sekarang adalah melalui media sosial. Promosikan bisnis kos-kosan Anda ke berbagai platform jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan lain-lainnya. Semakin sering beriklan, maka usaha kos-kosan Anda juga semakin cepat laku. Anda juga bisa melibatkan warga sekitar atau penyewa yang sudah ada saat ini untuk membantu memasarkan bisnis kos-kosan dengan memberikan imbalan dalam jumlah tertentu.

Baca juga: 7 Tips Hebat Menjadi Developer Perumahan yang Hasilkan Income Luar Biasa

Tak hanya bisnis kos-kosan, investasi properti juga bisa Anda lakukan dengan cara lain. Yuk cari tahu cara memiliki peternakan uang dari usaha properti dengan mengikuti Seminar Property Rich sekarang juga! Melalui seminar ini, Anda akan mengetahui berbagai rahasia sukses pengusaha properti yang pastinya bermanfaat untuk bisnis Anda. Bahkan, Anda bisa membeli properti tanpa mengeluarkan uang sepeserpun! Menarik bukan? Segera daftarkan diri Anda sebelum kuota habis ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top