Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

8 Cara Membuat Bisnis Plan ala Pengusaha Crazy Rich

Membuat bisnis plan alias rencana bisnis diibaratkan sebagai membaca peta terlebih dulu sebelum berangkat ke tujuan. Dengan begitu, Anda tidak akan tersesat untuk mencapai tempat tujuan. Tidak hanya supaya tidak tersesat, dengan membaca peta terlebih dahulu, tentunya perjalanan Anda juga lebih efektif karena tidak buang-buang waktu. Begitu juga dengan sebuah bisnis plan. Jika Anda memiliki rencana bisnis, maka Anda bisa memetakan bisnis, kemudian Anda juga tahu langkah-langkah apa yang harus ditempuh. Intinya, Anda tidak akan mengalokasikan budget secara sembarang. Hal ini sangat penting, sebab yang namanya bisnis pasti menyangkut soal uang. Anda tentu tidak ingin habis modal dengan tidak hasilkan apa-apa, bukan?

Menjalankan bisnis juga diibaratkan seperti sedang berperang. Anda perlu menyiapkan rencana dan strategi yang tepat supaya Anda bisa memenangkan pertempuran. Itulah mengapa membuat bisnis plan sangat penting. Tapi, bukan sekadar rencana ala kadarnya! Anda harus menulis rencana bisnis dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan keberhasilan bisnis. 

Mengenal Lebih Dekat Apa itu Bisnis Plan

Bisnis plan merupakan sebuah rencana tertulis sebuah bisnis, meliputi tujuan dan cara menjalankannya untuk mencapai tujuan tersebut. Sebuah rencana bisnis biasanya akan memuat deskripsi dan tujuan bisnis serta produk dan layanan yang ditawarkan. Untuk menjalankannya, rencana bisnis juga akan dilengkapi tentang target pasar, strategi penjualan, pendanaan untuk bisnis tersebut. Dengan adanya rencana bisnis, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Mulai dari menjadikannya acuan saat mengambil keputusan bisnis, hingga cara komunikasi terbaik dengan klien atau konsumen. 

Rencana bisnis juga berguna untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan investor potensial. Dari semua informasi yang ada di rencana tertulis itu, Anda dapat menunjukkan kepada calon investor, seperti apa bisnis yang akan Anda buat. 

Mengenal Jenis-jenis Bisnis Plan

bisnis plan

Berikut ini adalah jenis-jenis bisnis plan yang wajib Anda ketahui: 

1. Startup Business Plan 

Startup business plan adalah rencana bisnis yang berisi detail perencanaan untuk sebuah perusahaan baru, di mana jenis ini akan mencakup informasi seperti berikut:

  • Ringkasan business plan 
  • Gambaran perusahaan 
  • Layanan atau produk yang ditawarkan
  • Rencana strategi pemasaran
  • Analisis pasar 
  • Biaya awal proyek 
  • Administrasi keuangan 

Dengan semua informasi di atas, maka bisnis baru yang akan Anda bangun akan lebih terarah. Hal ini juga akan memudahkan juga dalam pelaksanaan kegiatan harian dan perencanaan jangka panjang. Business plan ini juga digunakan untuk mendapatkan investor. Maka dari itu, pastikan Anda menulis setiap informasi di business plan ini secara jelas. 

2. Strategic Business Plan 

Sesuai dengan namanya, strategic business plan adalah strategi apa yang akan digunakan untuk mencapai tujuan. Jenis ini biasanya mencakup: 

  • Visi dan misi bisnis 
  • Faktor penentu keberhasilan
  • Strategi bisnis
  • Jadwal implementasi

Sebagai sebuah strategi, business plan ini fokus pada faktor internal dan eksternal sekaligus, mulai dari visi yang akan membentuk pola kerja Anda, dan karyawan hingga pemahaman tentang siapa target audiens, serta kompetitor Anda. 

3. Operation Business Plan 

Operation business plan juga disebut dengan rencana tahunan. Jenis business plan yang satu ini berfokus pada pelaksanaan aktivitas sehari-hari, lalu pencapaiannya diukur dalam kurun waktu tertentu. Business plan ini mencakup informasi berikut:

  • Tujuan bisnis 
  • Kegiatan atau aktivitas setiap tim untuk mencapai tujuan 
  • Sumber daya yang dibutuhkan 
  • Timeline implementasi 
  • Progres aktivitas 

Misalnya dalam setahun, bisnis Anda ingin meningkatkan brand awareness dan penjualan. Maka, Anda perlu merencanakan berapa target yang ingin dicapai, berapa sumber daya yang diperlukan untuk melakukannya, dan lain sebagainya. Kemudian, di akhir periode business plan tersebut, Anda dapat mengukur pencapaian dari rencana awal yang sudah ditentukan.  

4. Growth Business Plan 

Growth business plan merupakan rencana bisnis untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Business plan ini sering digunakan jika operation business plan telah tercapai dengan baik. Informasi di business plan jenis ini akan mencakup:

  • Deskripsi perusahaan 
  • Struktur manajemen
  • Produk atau layanan yang ditawarkan 
  • Data statistik performa perusahaan 
  • Rancangan keuangan

Business plan jenis ini dapat digunakan untuk kebutuhan internal dan eksternal. Misalnya bisnis dengan target penjualan lebih besar, maka perlu menambah karyawan untuk melakukannya. Atau bisa juga untuk menggaet investor dengan tujuan pendanaan menggunakan grafik pertumbuhan bisnis Anda.

Cara Membuat Bisnis Plan

Inilah panduan membuat business plan yang tepat:

  1. Lakukan riset dan analisis pasar terlebih dahulu. 
  2. Kemudian, buatlah executive summary yang merupakan ringkasan business plan Anda.
  3. Langkah selanjutnya adalah menuliskan deskripsi perusahaan Anda.
  4. Tulis deskripsi produk atau layanan dengan jelas dan detail.
  5. Siapkan marketing plan
  6. Tentukan jenis manajemen perusahaan.
  7. Kemudian buatlah analisa keuangan.
  8. Langkah terakhir, buatlah rencana pengembangan bisnis. 

Kenapa Anda perlu menuliskan rencana pengembangan usaha? Kalau bisnis Anda telah berhasil mencapai suatu target, Anda tentu ingin bisnis semakin besar. Itulah mengapa, Anda juga perlu membuat rencana pengembangan usaha dalam bisnis plan. Misalnya Anda telah mencapai keuntungan sesuai target, lantas dari keuntungan tersebut kira-kira pengembangan apa yang ingin Anda ciptakan. Kemudian, hal apa yang harus disiapkan untuk dapat merealisasikan rencana tersebut.  

Baca juga: Memahami Apa itu Cashflow Quadrant dan 4 Bagiannya

Tidak dipungkiri, diperlukan ilmu pengetahuan serta latihan yang cukup supaya dapat menyusun strategi bisnis yang tepat.  Kuncinya adalah, jangan malas belajar! Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah ikut serta dalam Seminar Business Revolution bersama dengan pakar bisnis Tung Desem Waringin. Kenapa Anda perlu bergabung dalam Seminar Business Revolution? Tentu saja karena Anda akan berkesempatan untuk belajar banyak sekali ilmu bisnis. Segera bersiap, dan daftarkan diri Anda sekarang juga