5 Jurus Sakti Membangun Brand Awareness, Jaminan Bikin Omzet Meledak!

brand awareness

Brand awareness memiliki peran yang cukup penting dalam perkembangan suatu bisnis. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, istilah ini diartikan sebagai kesadaran merek. Saat produk atau bisnis Anda dikenal banyak orang, hal ini menandakan kesadaran merek pada produk atau bisnis yang dijalankan telah mencapai target. Tak hanya dikenal oleh khalayak ramai, kesadaran merek juga mampu meningkatkan omzet penjualan produk lho! Simak informasi selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Apa Itu Brand Awareness?

brand awareness
Sumber: freepik

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah brand awareness. Brand awareness adalah kesadaran konsumen atau masyarakat dalam mengenali sebuah produk atau bisnis tertentu melalui nama produk, logo, tagline, packaging, dan lain-lainnya. 

Kesadaran merek sangat penting dalam sebuah bisnis karena manfaatnya akan berkelanjutan dan menentukan nasib sebuah bisnis di masa depan. Oleh sebab itu pelaku bisnis juga harus bisa menentukan strategi pemasaran yang jitu supaya masyarakat luas semakin aware dengan produk bisnis yang dipasarkan.

Baca juga: 8 Cara Membuat Marketing Plan yang Cocok untuk Semua Bisnis

Manfaat Brand Awareness dalam Bisnis

brand awareness
Sumber: freepik

Bagi penggiat bisnis, brand awareness menjadi sebuah investasi jangka panjang karena manfaatnya yang luar biasa. Popularitas sebuah produk tak hanya membuatnya dikenal publik, tapi juga laku di pasaran. Tak hanya itu saja, berikut sederet manfaat kesadaran merek pada sebuah bisnis yang harus Anda tahu!

1. Menggaet Calon Konsumen Baru

Kesadaran merek di masyarakat akan memperluas target pasar dari bisnis atau produk Anda. Oleh sebab itu, menciptakan image positif dalam sebuah brand menjadi tugas penting yang tidak boleh diabaikan. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan kualitas produk yang baik sehingga orang akan merasa puas saat membelinya kemudian merekomendasikan produk tersebut ke orang lain. Bak gayung bersambut, produk tersebut akan semakin populer secara luas dan mendatangkan banyak konsumen baru.

2. Menciptakan Loyal Consumer

Selain mendatangkan pelanggan baru, kesadaran merek yang sangat melekat di masyarakat juga akan membuat konsumen tetap setia menggunakan produk Anda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu kualitas produk, branding di media sosial, dan juga reward yang diberikan ke konsumen. Apabila Anda dapat menjaga ketiga hal tadi, maka besar kemungkinan bagi konsumen untuk selalu menggunakan produk Anda dan enggan membeli produk lainnya.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Produk yang populer dan banyak dibicarakan akan lebih menarik pembeli. Jika dihadapkan pada dua pilihan antara produk yang sudah terkenal dan produk yang belum familier sama sekali, tentunya konsumen akan lebih memilih produk yang sudah terkenal. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan strategi promosi yang tepat untuk bisa meningkatkan brand awareness di tengah-tengah masyarakat.

4. Mendongkrak Penjualan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kesadaran merek pada produk tertentu di tengah masyarakat akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membelinya. Semakin populer produk Anda, semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Apalagi jika produk tersebut mendapat sambutan dan review yang baik dari pelanggan, tentunya hal ini akan membuat omzet penjualan semakin meningkat.

5. Memperluas Relasi Bisnis

Selain menaikkan popularitas brand dan omzet penjualan, kesadaran merek juga akan memperluas relasi bisnis. Hal ini akan menarik perhatian pelaku bisnis lain atau pihak tertentu untuk melakukan kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Selain mendatangkan keuntungan, bisnis Anda pun akan semakin berkembang kedepannya.

Baca juga: Memahami Apa Itu Marketing Mix dan Penerapannya dalam Bisnis

Cara Membangun Brand Awareness Bisnis Anda

brand awareness
Sumber: freepik

Setelah memahami apa itu kesadaran merek dan manfaatnya dalam bisnis, kini waktunya untuk bergerak dan membangun brand awareness bisnis Anda. Kira-kira, langkah apa saja yang bisa Anda lakukan, terapkan beberapa jurus jitu berikut ini.

1. Ciptakan Ciri Khas pada Produk

Kepribadian seseorang kadang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain. Hal tersebut bisa Anda terapkan dalam membangun kesadaran merek pada sebuah produk. Produk yang punya ciri khas atau karakter unik tentunya akan lebih menarik minat calon konsumen karena tampak berbeda dari produk-produk yang lain.

2. Membuat Logo dan Tagline yang Menarik

Logo dan tagline yang menarik juga bisa meningkatkan brand awareness pada produk yang Anda jual. Selain menjadi identitas produk, logo dan tagline yang menarik akan mudah diingat oleh orang-orang. Jadi, saat logo Anda terpampang di tempat umum atau platform online, orang-orang akan langsung mengenalinya.

3. Manfaatkan Media Sosial

Di era digital seperti sekarang, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain di media sosial. Hal ini bisa jadi peluang untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Apalagi, promosi lewat media sosial dinilai sangat efektif dan bisa menjangkau pasar yang lebih luas. 

Ada banyak platform media sosial yang potensial untuk mengiklankan produk seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, atau yang lainnya. Kenali target market Anda dalam menentukan platform mana yang akan dipilih untuk promosi produk karena tidak semua aplikasi media sosial pasti cocok untuk mengiklankan produk tersebut. 

Manfaatkan juga fitur iklan atau Ads media sosial untuk meningkatkan pemasaran. Selain itu, Anda juga bisa menggandeng selebgram atau influencer media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek sekaligus penjualan produk. Anda juga bisa bekerjasama dengan agensi digital marketing untuk memaksimalkan promosi bisnis secara online di media sosial. Salah satu rekomendasi agensi digital marketing terpercaya yang bisa Anda andalkan adalah The Conversion

4. Membuat Halaman Website agar Terlihat Profesional

Selain aktif di media sosial, Anda juga sebaiknya membuat halaman website agar terlihat profesional dan lebih terpercaya. Melalui website tersebut, Anda bisa menginformasikan tentang profil perusahaan maupun produk secara lengkap. Selain itu, buatlah konten artikel yang informatif, edukatif, serta mengajak pembaca untuk masuk ke halaman website resmi bisnis Anda.

5. Pertimbangkan Promosi Offline

Selain go online, melakukan promosi secara offline mungkin juga bisa jadi pertimbangan Dalam hal ini, Anda bisa mengikuti event atau menjadi sponsor di acara tertentu yang diselenggarakan pada tempat-tempat publik yang ramai dikunjungi banyak orang. Selain meningkatkan kesadaran merek, Anda pun juga bisa melakukan interaksi kepada konsumen secara langsung. Di sisi lain, calon konsumen juga bisa mengenal dan melihat produk secara nyata.

Baca juga: Banjir Order dari Sosial Media Marketing? Buktikan Lewat 6 Cara Ini

Yuk ketahui strategi meningkatkan brand awareness terkini dengan mengikuti Seminar Business Revolution bersama pakarnya yaitu Tung Desem Waringin. Siapa yang tidak kenal dengan Tung Desem Waringin atau TDW? Selain pebisnis handal, TDW adalah pelatih sukses nomor 1 di Indonesia dan penulis beberapa buku best seller. Melalui seminar tersebut, Anda akan diajak untuk mendalami ilmu bisnis yang sudah terbukti berhasil! Ayo daftar sekarang juga dan buat bisnis Anda berkembang lebih dahsyat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top