Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

Coba 8 Cara Menghibur Diri Sendiri Ini, Pasti Happy Tanpa Takut Kantong Bolong!

Istilah healing kini sering dikaitkan dengan cara menghibur diri sendiri. Jika Anda saat ini sedang merasa penat, stres, kecewa, sedih, atau bahkan marah, maka segera atasi hal tersebut ya! Agar perasaan tidak mengenakkan tadi tidak semakin berlarut-larut, alihkan perhatian dengan berbagai cara yang sekiranya membuat Anda terhibur. Tak perlu hal-hal yang spektakuler karena Anda bisa menghibur diri sendiri lewat cara-cara yang sederhana lho! Gak percaya? Ayo buktikan sendiri dengan melakukan hal-hal berikut ini!

Cara Menghibur Diri Sendiri

Healing tak selalu harus dilakukan dengan cara liburan mewah, pesta pora, atau belanja sepuasnya! Bukannya terhibur, Anda mungkin jadi pusing sendiri karena uang di rekening mendadak lenyap seketika. Daripada menghabiskan waktu dan uang untuk hal-hal yang justru membuat finansial tidak sehat, lebih baik praktikkan cara-cara sederhana berikut untuk menghibur Anda!

1. Jalan-jalan dan Melihat Sekitar

Jika Anda saat ini sedang merasa penat, cobalah untuk keluar rumah untuk jalan-jalan. Aktivitas ini juga tergolong olahraga ringan yang bisa merangsang hormon endorfin/hormon bahagia meningkat lho!

Kalau orang Indonesia sendiri sering menyebutnya dengan istilah cari angin. Anda bisa berjalan-jalan di tempat yang disukai, mampir ke taman-taman kota, atau lokasi lainnya yang menurut Anda pribadi bisa meningkatkan mood.

2. Mendengarkan Lagu Favorit

Jika Anda tidak suka keramaian dan lebih senang berada di dalam rumah, maka cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu favorit lewat headset. Mendengarkan playlist lagu kesukaan kini juga semakin mudah karena ada banyak aplikasi musik yang menawarkan pilihan lagu-lagu lama maupun baru secara lengkap. 

Anda bisa memutar pilihan lagu sesuai genre yang disukai secara acak atau berdasarkan pilihan pribadi yang diinginkan. Umumnya, cara ini cukup efektif untuk menenangkan hati dan juga pikiran lho! 

Baca juga: Millennials dan Gen Z Wajib Tahu Cara Dapat Uang Cepat Agar Kaya Raya

3. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Berbagai masalah atau hal-hal yang membuat kecewa mungkin jadi cara Tuhan untuk membuat Anda lebih dekat denganNya. Cobalah introspeksi pada diri sendiri dan berdoalah pada Tuhan. Curahkan semua hal-hal yang mengganjal di hati dan pikiran lewat doa-doa dengan khusyuk. Selain itu, yakinkan pada diri sendiri bahwa semua masalah tersebut pasti bisa dilalui dan Tuhanlah sebaik-baik penolong Anda!

4. Menulis Buku Harian

Cara sederhana berikutnya yang bisa menghibur diri sendiri adalah dengan menulis di buku harian. Catat semua hal yang menjadi uneg-uneg Anda di buku harian tersebut sebagai pelampiasan. Melakukan cara ini jadi langkah yang tepat daripada menceritakan permasalahan yang dihadapi kepada orang lain yang belum tentu bisa dipercaya. 

Baca juga: Ubah Mindset Anda! Begini 5 Cara Mendapatkan Uang Tanpa Harus Bekerja

5. Membaca Buku

cara menghibur diri sendiri

Sumber: Freepik

Selain menulis buku harian, Anda juga bisa lho membaca ulang koleksi buku-buku yang dimiliki untuk mengalihkan perhatian. Jika sudah bosan dengan koleksi pribadi, Anda bisa datang ke perpustakaan terdekat atau membeli buku-buku baru di toko buku langganan. Permasalahan atau kegundahan di hati pun seketika hilang saat Anda tenggelam ke dalam alur cerita atau isi buku yang dibaca.

6. Menyendiri untuk Sementara Waktu

Menyendiri mungkin juga bisa jadi cara menghibur diri sendiri yang tepat untuk Anda. Memberi waktu pada diri sendiri untuk merenung dan menikmati kesendirian juga bisa jadi ide yang masuk akal. Anda juga bisa menyendiri sambil menikmati pemandangan di sekitar pantai atau tempat lain yang bersifat relaxing.

Baca juga: Dampak Buruk Gaya Hidup Hedonisme dan 6 Cara Mengatasinya

7. Menyantap Hidangan Favorit

Menyantap makanan tertentu juga bisa menaikkan mood yang sedang buruk lho! Dilansir dari Healthline, ada 9 jenis makanan yang efektif membuat perasaan menjadi lebih baik. Kesembilan makanan tersebut antara lain ikan yang kaya omega 3, dark chocolate, makanan fermentasi seperti yoghurt atau kimchi, makanan dari gandum utuh, buah pisang dan beri, kacang-kacangan, biji-bijian, serta kopi.

Jika suka memasak, Anda juga bisa mengolah berbagai makanan tadi menjadi hidangan yang lezat untuk disantap sendiri. Selain menghemat budget, hal ini juga menjadi cara menghabiskan waktu yang sangat positif karena Anda bisa mengeksplorasi menu-menu baru yang belum pernah dicoba sebelumnya.

8. Jauhi Media Sosial

Saat sedang kalut atau memiliki masalah tertentu, sebaiknya Anda menjauhkan diri dari media sosial. Cara ini juga akrab disebut dengan detox social media. Lewat media sosial, orang-orang umumnya membagikan banyak momen bahagia yang justru akan membuat Anda semakin down jika mengonsumsinya.

Selain itu, hal ini juga menghindarkan Anda dari keinginan untuk mengunggah hal-hal yang kurang pantas atau tidak layak untuk dilihat banyak orang. Semakin bijak Anda berinteraksi lewat media sosial, maka hidup Anda pun akan semakin tenang.

Baca juga: Hindari Gaya Hidup Konsumtif dengan 10 Cara Dahsyat Berikut Ini!

Tenang, masih ada banyak cara menghibur diri sendiri lainnya yang bisa Anda coba seperti mengikuti Seminar Life Revolution bersama Mr Tung Desem Waringin. Selain berkesempatan untuk berjumpa dengan master trainer terbaik di Indonesia, Anda juga bisa menambah networking dengan bertemu teman-teman baru di seminar tersebut. 

Tak hanya itu saja, banyak pelajaran dan juga pengalaman yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam hidup Anda secara individu maupun profesional lho! Jangan sampai menyesal dan daftarkan diri Anda sekarang juga sebelum kuota habis yuk! Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.