Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

10+ Cara Meningkatkan Omset Penjualan yang Wajib Anda Tahu!

Cara meningkatkan omset penjualan merupakan skill yang harus dimiliki oleh para pebisnis seperti Anda. Anda tentu sangat senang jika omset penjualan meningkat. Berbagai cara dilakukan agar hal tersebut terjadi kalau perlu berulang kali. Tapi pada kenyataannya, omset penjualan meningkat tidak setiap saat. Hal ini yang membuat pelaku bisnis berupaya dengan segala cara untuk meningkatkan omset penjualan. 

Tapi, tahukah Anda bahwa omset berbeda dengan profit? Omset adalah pendapatan yang didapatkan berdasarkan penjualan bisnis. Sedangkan profit adalah laba atau hasil sisa pendapatan bisnis yang sudah dikurangi oleh semua biaya operasional atau semua biaya beban penjualan. Lalu bagaimana untuk meningkatkan omset penjualan bisnis? Ada banyak cara meningkatkan omset penjualan yang bisa Anda lakukan.Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Cara Meningkatkan Omset Penjualan

1. Tujuan Penjualan

Langkah pertama untuk mendapatkan cara meningkatkan omset penjualan adalah dengan menetapkan tujuan penjualan. Pengusaha seperti Anda harus bisa membuat tujuan usaha yang terukur terutama untuk penjualan. Penetapan tujuan penjualan ini berguna untuk membantu Anda dalam setiap keputusan bisnis dan metode bisnis untuk mempercepat tercapainya goal perusahaan.

2. Target Pelanggan

Bisnis sangat erat kaitannya dengan pelanggan, untuk itu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan sangat diperlukan. Hal ini penting karena loyalitas pelanggan adalah hal yang bisa membantu meningkatkan penjualan produk perusahaan. Pelanggan yang loyal akan selalu membeli produk Anda dan juga tidak ragu untuk membeli produk terbaru Anda karena sudah yakin dengan kualitas yang Anda miliki.

3. Perluas Jangkauan

Sudah pernah terpikir untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan omset penjualan dengan memperluas jangkauan? Membuka toko baru atau pusat bisnis baru bisa menjadi alternatif cara meningkatkan omset penjualan. Lokasi baru membantu produk Anda lebih dikenal oleh calon pelanggan baru dan membuka peluang pembelian. Bisa juga dengan memperluas jangkauan menggunakan e-commerce official toko Anda. Cara ini berguna untuk target pasar Anda bisa dengan lebih mudah menjangkau produk yang Anda miliki.

4. Evaluasi Harga

Harga menjadi aspek yang cukup riskan karena berhubungan dengan pelanggan dan juga kompetitor Anda. Penetapan harga yang baik membuat konsumen Anda bertahan dan kompetitor Anda kebingungan sekaligus. Lakukan evaluasi harga secara berkala menjadi cara meningkatkan omset penjualan yang cukup bijak.

5. Tambahan Produk/Layanan

Membuat produk atau layanan menjadi lebih dibutuhkan oleh pelanggan adalah cara lain meningkatkan omset penjualan. Pertimbangkan untuk membuat produk tambahan yang bisa digunakan bersamaan dengan produk yang dibutuhkan pelanggan. Jika Anda berjualan sepatu, maka Anda bisa menjual alat pembersih sepatu atau perlengkapan lain yang sekiranya pelanggan akan membeli barang tambahan tersebut.

6. Paket Bundling Produk

Pelanggan sangat menyukai paket produk karena mereka merasa mendapatkan lebih banyak barang dengan harga yang lebih hemat. Anda bisa membuat paket bundling dengan mengemas beberapa produk yang dibutuhkan pelanggan. Beri sedikit potongan harga jika konsumen mau membeli bundling produk sehingga mereka senang dan melakukan pembelian.

Baca juga : Tingkatkan Omzet hingga 2000% dengan Adanya Pelatihan Kerja

cara meningkatkan omset penjualan Anda

7. Evaluasi Biaya

Lakukan evaluasi biaya terutama pada produk yang Anda jual secara online. Produk online membutuhkan biaya pengiriman dan hal ini sangat umum dibebankan kepada pembeli. Untuk beberapa barang yang memiliki bobot yang cukup berat, biaya jasa ataupun biaya pengiriman akan menjadi bertambah. Anda bisa memberikan sedikit potongan harga pada biaya penanganan agar pembeli merasa senang dan melakukan pembelian berulang.

8. Tawaran Angsuran

Tawaran pembayaran dengan angsuran menjadi salah satu cara meningkatkan omset penjualan. Pembayaran dengan angsuran membuat pembeli merasa tidak terbebani dengan kehilangan uang yang cukup banyak dalam satu waktu. Hal ini tentu saja menarik perhatian pembeli terutama mereka yang membutuhkan barang dengan cepat namun terkendala biaya.

9. Layanan Langganan

Beri harga berbeda pada pelanggan yang mau berlangganan produk Anda dalam kurun waktu tertentu. Hal ini membuat Anda memiliki pelanggan loyal yang akan selalu membeli produk dalam periode waktu tersebut. Hal ini juga tentu saja merupakan cara meningkatkan omset penjualan secara tidak langsung.

10. Pemberian Diskon Promosi

Sudah barang umum, pemberian diskon promosi merupakan cara meningkatkan penjualan yang paling banyak dilakukan. Anda perlu melakukan pemberitahuan kepada konsumen kapan diskon tersebut diadakan. Pasang iklan atau informasi kapan pemberian diskon akan dijalankan dan manfaatkan teknologi seperti pengiriman pesan blast dan media sosial.

11. Metode Pembayaran

Siapa sangka, penambahan metode pembayaran menjadi salah satu cara untuk meningkatkan omset penjualan. Ternyata, penambahan metode pembayaran atau fleksibilitas pembayaran mempengaruhi konsumen ketika membeli barang. Semakin mudah metode pembayaran yang diberikan oleh perusahaan, semakin meningkat daya beli masyarakat karena kemudahan pilihan pembayaran.

12. Brand Awareness

Reputasi merek bisnis yang baik membuat usaha Anda mudah untuk dikenali oleh pelanggan. Pembangunan reputasi bisnis dan brand awareness menjadi salah satu cara yang cukup membutuhkan perhatian. Reputasi yang baik akan membuat pelanggan menjadi semakin percaya akan produk yang Anda miliki. Hal ini akan membuat mereka tidak perlu ragu menjatuhkan putusan untuk melakukan pembelian.

Baca juga: 5 Jurus Sakti Membangun Brand Awareness, Jaminan Bikin Omzet Meledak!

Pelajari resep cara meningkatkan omset penjualan secara langsung bersama trainer terbaik dan pakar marketing nomor 1 di Indonesia! Catat jadwalnya dan daftarkan diri Anda sekarang juga! Dapatkan ilmu pengetahuan rahasia marketing langsung dari ahlinya dengan mengikuti seminar dan training yang diselenggarakan oleh Tung Desem Waringin Resources. Sampai jumpa!