6 Strategi Content Marketing yang Powerful Meningkatkan Penjualan

content marketing

Dalam merintis sebuah bisnis, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar usaha yang dijalankan bisa berjalan lancar dan berkembang lebih besar. Salah satu strategi marketing yang bisa Anda terapkan adalah penggunaan content marketing untuk menarik konsumen. Apa itu marketing? Apa saja manfaatnya bagi perkembangan bisnis Anda? Bagaimana cara memulainya? Ketahui semuanya dengan membaca artikel di bawah ini sampai habis!

Pengertian Content Marketing

content marketing
Sumber: freepik

Beberapa tahun terakhir, content marketing menjadi salah satu strategi pemasaran kekinian yang cukup efektif dalam menarik lebih banyak pelanggan. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan content marketing atau pemasaran konten itu sendiri? Content marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan konten yang relevan dan tentunya menarik untuk menjaring pelanggan lebih banyak. 

Proses pemasaran konten dimulai  dengan merencanakan isi konten, merealisasikan rencana tersebut, kemudian mendistribusikannya ke berbagai platform online yang potensial. Selain untuk menjaring pelanggan secara materi, strategi ini juga bertujuan untuk mengikat emosi pelanggan sehingga terjalin relasi yang kuat antara brand dan konsumen itu sendiri. Selain itu, pemasaran konten juga memiliki banyak fungsi lainnya seperti berikut.

  1. Meningkatkan brand awareness dari sebuah produk atau bisnis.
  2. Memiliki image yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor yang tidak melakukan pemasaran konten.
  3. Memiliki keterkaitan dan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.
  4. Menghasilkan traffic web dan media sosial secara lebih alami.
  5. Meningkatkan omzet penjualan.
  6. Produk atau bisnis menjadi lebih populer.

Manfaat Content Marketing

content marketing
Sumber: freepik

Manfaat yang bisa diperoleh dari content marketing tak berbeda jauh dari fungsi yang dimilikinya. Tujuan utama dari pemasaran konten adalah untuk menjangkau target konsumen secara lebih luas. Pembuatan materi konten yang atraktif dapat menjaring target market secara tepat dan lebih luas. 

Di sisi lain isi konten yang Anda buat juga menjadi sarana informasi dan mengedukasi calon pembeli. Anda pun bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggan melalui konten yang tersebar di website atau media sosial yang digunakan. 

Hubungan yang terjalin antara Anda dan pelanggan melalui konten tersebut juga lama kelamaan akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli sehingga berpotensi mendatangkan penjualan. Jika didukung dengan pelayanan yang selalu konsisten, maka tak hanya sekedar mendapatkan konsumen tapi juga customer loyal yang selalu setia memakai produk yang Anda jual.

Strategi Content Marketing

content marketing
Sumber: freepik

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari pemasaran konten, saatnya bagi Anda untuk bergerak dan melakukan langkah-langkah content marketing yang efektif untuk perkembangan bisnis. Berikut beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan.

1. Buat Konsep yang Jelas dan Sesuai Tujuan

Pada dasarnya, content marketing dibuat untuk meningkatkan penjualan dan mengambangkan bisnis. Namun, tujuan tersebut harus dibuat lebih spesifik agar pembuatan konten lebih tepat sasaran. Selain itu, buatlah rencana cadangan untuk mendukung rencana awal yang mungkin tidak berhasil atau kurang efektif. Konten yang dibuat secara jelas dan sesuai tujuan, umumnya akan menghasilkan output yang berkualitas.

2. Mengikuti Tren atau Topik Terkini

Pembuatan konten sebaiknya juga diimbangi dengan selalu update terhadap pemberitaan atau trend yang sedang populer saat ini. Hal ini akan lebih menarik minat masyarakat yang juga penasaran dengan berbagai topik hangat yang saat ini sedang sering dibicarakan. 

Jadi, konten yang Anda buat menjawab segala pertanyaan yang masyarakat ingin tahu jawabannya. Namun, hal ini juga tetap dibarengi dengan menyesuaikan topik yang sesuai niche market dari bisnis Anda. Lakukan riset secara detail dan buatlah beberapa opsi yang nantinya bisa dipilih mana yang terbaik.

3. Memanfaatkan Marketing Tools

Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memanfaatkan berbagai tools untuk membuat konten yang diinginkan. Ada banyak marketing tools yang bisa dipakai seperti media sosial, google analytics, direct mail, media monitoring tools, optimasi SEO, dan lain-lain.

4. Menyewa Jasa Konten Kreator

Pembuatan konten mungkin tidak bisa Anda tangani sendiri karena rutinitas bisnis yang cukup menguras waktu dan tenaga. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyewa jasa konten kreator seperti content writer, videografer, social media specialist, atau memercayakannya secara penuh ke agensi digital marketing yang berpengalaman dan kredibel seperti The Conversion.

5. Mendistribusikan Konten Secara Terjadwal

Pendistribusian konten marketing sebaiknya dilakukan secara terjadwal dan tidak dalam satu waktu sekaligus. Anda bisa memanfaatkan editorial calendar untuk mengatur jadwal penayangan berbagai konten yang sudah dibuat. Mengunggah konten secara massive dalam satu waktu justru bisa jadi bumerang dan menjadi kurang menarik bagi target market yang dituju. 

6. Membuat Konten Baru dari Konten Lama yang Pernah Diposting

Beberapa konten tertentu mungkin bisa dimuat ulang dengan sedikit sentuhan yang berbeda. Dengan ide konten yang sama, Anda bisa membuatnya dengan visual yang lain sehingga konten tersebut terlihat lebih fresh dan tampak baru. Konten tersebut nantinya masih bisa memberikan kontribusi berharga bagi bisnis Anda apalagi jika isinya masih relate dengan isu-isu terkini.

Lakukan investasi leher ke atas jika ingin usaha Anda lebih maju dan berkembang. Bagaimana caranya? Ikutilah Seminar Sales Marketing Revolution untuk mengetahui berbagai strategi pemasaran efektif lainnya selain content marketing. Melalui seminar ini, Anda akan belajar tentang bagaimana caranya merevolusi bisnis supaya berkembang lebih dahsyat dan langgeng dalam jangka waktu yang lama. Yuk daftarkan diri Anda sekarang juga sebelum kuotanya habis!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top