Benarkah Direct Selling Janjikan Keuntungan Luar Biasa? Simak Faktanya di Sini!

direct selling adalah

Salah satu strategi pemasaran yang dilancarkan oleh para pelaku bisnis pemula adalah direct selling. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, direct selling adalah penjualan langsung. Apa maksudnya? Secara singkat, hal ini diartikan sebagai penjualan yang dilakukan tanpa perantara atau pihak ketiga. Walaupun strategi ini telah terbukti efektif dan menguntungkan, tapi ada beberapa kekurangan yang sebaiknya Anda tahu. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

Pengertian Direct Selling

direct selling adalah
Sumber: freepik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa direct selling adalah cara pemasaran yang tidak melibatkan perantara atau pihak ketiga. Artinya, proses penjualan langsung dilakukan ke konsumen tanpa melibatkan ritel. Bisnis yang menerapkan strategi ini biasanya menjadikan sales person atau salesman sebagai ujung tombak yang bertanggung jawab dalam memasarkan produk langsung ke konsumen. 

Cara ini banyak dipilih karena beberapa alasan seperti pemasaran yang lebih fleksibel dan bisa menekan berbagai pengeluaran seperti biaya pemasaran, biaya promosi, biaya overhead, dan lain-lain. Tak hanya itu saja, pemilik bisnis dan konsumen juga memiliki hubungan yang lebih erat karena bersinggungan secara langsung.

Cara pemasaran yang tidak melibatkan perantara seperti pusat distribusi regional dan grosir ini membuat stok barang bersifat eksklusif dan tidak gampang dijumpai di berbagai toko retail. Jadi, konsumen hanya bisa membelinya melalui distributor, agen, atau kantor perwakilan yang ditunjuk.

Namun, tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis saat menerapkan strategi ini adalah komunikasi ke konsumen. Hal ini menjadi PR besar bagi sales person atau salesman yang bertugas dalam membujuk dan mempengaruhi calon konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan. Kecakapan dan kelihaiannya dalam menjual produk menjadi kunci kesuksesan bisnis yang dijalankan.

Baca juga: 8 Cara Membuat Marketing Plan yang Cocok untuk Semua Bisnis

Jenis-Jenis Direct Selling

direct selling adalah
Sumber: freepik

Dalam proses pelaksanaannya, penjualan langsung umumnya menggunakan tiga cara yaitu Single Level Direct Sales, Host or Party Plan Sales, dan Multi Level Marketing (MLM). penjelasannya bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

1. Single Level Direct Sales

Istilah single level direct sales tentunya kurang familier di telinga Anda. Secara mudah, jenis penjualan langsung ini lebih dikenal dengan sebutan pemasaran door to door dimana penjual melakukan tatap muka secara langsung ke konsumen dari satu pintu ke pintu yang lain atau dari rumah ke rumah. Meski teknologi kini sudah berkembang cukup pesat, tapi cara konvensional ini nyatanya masih banyak dipraktekkan oleh beberapa pelaku bisnis.

2. Host or Party Plan Sales

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan metode host or party plan sales. Sesuai dengan namanya, dalam melakukan penjualan, pihak pelaku bisnis akan mengadakan sebuah acara atau event tertentu yang bisa menarik massa. Walaupun diisi dengan rangkaian kegiatan yang menarik, tapi pada intinya acara tersebut bertujuan untuk memasarkan atau menjual produk.

3. MLM atau Multi Level Marketing

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan MLM atau Multi Level Marketing. Bisnis berbasis jaringan ini juga merupakan cara penjualan langsung yang pemasarannya tidak melalui perantara atau pihak ketiga. Cara kerja MLM adalah merekrut anggota sebanyak-banyaknya untuk menjadi perwakilan atau agen yang membantu penjualan produk tertentu. Semakin banyak agen yang berhasil diajak maka semakin besar pula peluang komisi yang akan didapatkan.

Baca juga: Jangan Keliru! Ketahui 5 Perbedaan Sales dan Marketing Berikut Ini

Kelebihan Strategi Penjualan Langsung

direct selling adalah
Sumber: freepik

Sampai saat ini strategi direct selling masih banyak dipraktekan karena memang terbukti efektif dalam mendulang omzet penjualan. Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

1. Bisa Dimulai dari Rumah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa direct selling adalah cara pemasaran yang langsung menyasar ke konsumen. Artinya, strategi marketing ini bisa dilakukan dari mana saja. Bahkan, Anda bisa melakukan dari rumah secara online

Hal ini tentu saja bisa menekan banyak biaya karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa toko atau biaya maintenance tiap bulan atau per tahunnya. Keuntungan yang didapatkan juga lebih optimal tanpa ada pengurangan untuk menutup biaya-biaya yang dibutuhkan saat harus menyewa toko.

2. Keuntungan Lebih Maksimal

Kelebihan lain yang bisa Anda rasakan saat menggunakan metode direct selling adalah keuntungan yang didapat bisa lebih maksimal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa strategi ini bahkan bisa dimulai dari rumah sehingga laba yang didapatkan tidak akan berkurang untuk membiayai berbagai biaya operasional dan lain-lain. 

Promosi pun bisa dilakukan secara gratis lewat media sosial yang juga lebih efektif dalam menggaet calon customer. Strategi ini juga ramah bagi pelaku bisnis modal kecil karena bisa melakukan stok barang sesuai budget yang dimiliki dan memasarkannya secara bebas sehingga lebih fleksibel.

3. Berhubungan Langsung dengan Konsumen

Dengan berhubungan langsung dengan calon pembeli, Anda jadi lebih paham dengan apa yang mereka butuhkan. Jadi, rekomendasi produk yang ditawarkan juga lebih tepat. Selain itu, Anda pun bisa mengembangkan bisnis secara word of mouth atau dari mulut ke mulut apabila konsumen tersebut puas dengan produk Anda dan merekomendasikannya ke keluarga, teman, kerabat, dan lain-lain secara langsung atau melalui media sosial.

4. Menghemat Biaya Iklan

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penjualan langsung adalah meminimalisir biaya iklan serendah mungkin. Bertemu dengan konsumen secara langsung juga membuat Anda bisa melakukan promosi secara tatap muka. Selain itu, konsumen juga bisa melihat barang atau produk secara langsung sehingga bisa lebih meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Penjelasan yang disampaikan secara langsung juga membuat konsumen merasa lebih puas dan bisa menanyakan segala hal tentang produk tersebut. Selain beriklan secara spontanitas, promosi juga bisa dilakukan melalui media sosial yang tarifnya tentu saja lebih hemat. 

Baca juga: Banjir Order dari Sosial Media Marketing? Buktikan Lewat 6 Cara Ini

Kekurangan Direct Selling

pemasaran langsung
Sumber: freepik

Walaupun strategi penjualan langsung efektif meningkatkan omzet dan keuntungan bisnis, tapi cara ini juga masih memiliki beberapa kekurangan yang bisa jadi pengetahuan Anda. Apa saja kekurangannya? Simak informasinya berikut ini.

1. Jangkauan Target Market yang Terbatas

Pemasaran yang dilakukan secara door to door, melalui acara tertentu, atau perekrutan agen hanya terbatas pada lingkup yang terbatas. Artinya, Anda hanya bisa menjangkau konsumen di area atau daerah tertentu. Jadi prospek penjualan juga lebih mengandalkan repeat order dari konsumen atau permintaan dari customer loyal yang puas dengan produk Anda.

2. Waktu dan Tenaga Lebih Terforsir

Anda mungkin harus rela mengorbankan sebagian besar waktu untuk ikut terlibat dalam pengelolaan bisnis dengan strategi direct selling tersebut. Bahkan, waktu untuk menikmati akhir pekan pun lebih terbatas apalagi jika Anda sering mengadakan acara pada saat weekend. Walaupun harus siap dengan konsekuensi tersebut, paling tidak hal tersebut sepadan dengan hasil yang akan didapatkan.

3. Tidak Mengikuti Perkembangan Zaman

Bisa dikatakan, pemasaran dengan cara direct selling tergolong sebagai cara yang konvensional. Perkembangan zaman saat ini membawa banyak perubahan pada gaya hidup seseorang, termasuk dalam membeli suatu produk. Banyak orang yang kini lebih memilih untuk berbelanja secara online dibandingkan datang ke offline store atau membeli dari penjual secara langsung. Hal ini tentu saja jadi tantangan besar bagi pelaku bisnis dalam mempertahankan usaha yang dirintis.

Direct selling adalah salah satu strategi marketing yang tidak lekang ditelan perubahan zaman. Walaupun butuh kegigihan ekstra, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan maksimal apabila dijalani dengan sungguh-sungguh. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda beradaptasi dan mengikuti strategi penjualan yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini agar bisnis bisa lebih berkembang.

Baca juga: Ternyata Gampang Banget Lho Cara Iklan di Instagram! Simak Tutorialnya di Sini!

Jika ingin mengetahui berbagai rahasia dahsyat untuk meningkatkan penjualan, ikutilah Seminar Sales and Marketing Revolution, dan belajar langsung dari ahlinya. Berbagai pakar bisnis seperti Tung Desem Waringin dan rekan-rekannya akan berbagi ilmu kewirausahaan termutakhir yang bisa Anda praktekkan untuk perkembangan bisnis yang lebih cuan di masa mendatang. Daftar sekarang juga sebelum kehabisan seat ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top