Lakukan 5 Strategi Flash Sale Berikut Jika Mau Kebanjiran Order!

flash sale artinya

Flash sale adalah salah satu strategi jual beli online yang sering diadakan oleh pelaku bisnis dalam waktu tertentu. Bagi Anda yang sering berbelanja di marketplace, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun, apakah Anda benar-benar memahami istilah tersebut. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, flash sale artinya penjualan kilat. Pada artikel berikut akan diulas lebih jauh tentang apa itu flash sale, kelebihannya, serta kekurangannya dalam sebuah bisnis.

Apa Itu Flash Sale?

flash sale artinya
Sumber: freepik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa flash sale artinya penjualan kilat. Penjualan kilat tersebut dilakukan dengan memberi potongan harga yang persentasenya lebih besar daripada diskon-diskon pada umumnya. Jual beli ini disebut kilat karena umumnya pelaku bisnis memberlakukan waktu yang cukup singkat selama program flash sale berlangsung. 

Selain itu, barang-barang yang dijual jumlahnya terbatas sehingga terbangun konsep siapa cepat dia dapat. Anda akan sering menjumpai program ini di aplikasi belanja online atau official website toko online tertentu. Program flash sale dipilih karena pemilik bisnis bisa menjual atau menghabiskan produk tertentu secara cepat dengan keuntungan yang cukup signifikan. 

Saat Anda ingin mencoba strategi ini, jangan asal menjual barang saja, tapi juga perhatikan jenis barang yang cukup diminati di pasar. Riset pasar sangat dibutuhkan supaya produk yang masuk ke dalam program penjualan kilat bisa laku sesuai harapan. 

Selain itu, Anda juga harus menentukan jumlah diskon yang akan diberikan serta menghitung stok barang yang akan dijual ke konsumen. Sejauh ini, strategi penjualan kilat memberikan dampak yang positif bagi kelangsungan sebuah bisnis. Anda tertarik untuk menerapkannya pada bisnis sendiri?

Baca juga: Punya Mimpi Omzet Selangit? Tentukan Dulu Target Market Anda dengan 6 Cara Ini

Keuntungan Mengadakan Flash Sale dalam Bisnis Online

flash sale artinya
Sumber: freepik

Strategi penjualan kilat dipilih karena mendatangkan keuntungan bagi para pelaku bisnis online. Lalu apa saja keuntungannya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menaikkan Angka Penjualan

Siapa yang bisa menolak rayuan diskon? Hampir semua orang pasti tertarik saat mengetahui ada program potongan harga di toko online tertentu. Apalagi, flash sale umumnya menawarkan diskon yang terbilang “gila-gilaan” karena potongan harganya yang cukup besar. Alhasil, penjualan akan meningkat melalui program ini. Tak hanya dari sisi pelaku bisnis saja yang diuntungkan, konsumen juga merasa puas karena bisa mendapatkan produk tertentu dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Transaksi Penjualan Membludak

Jumlah transaksi penjualan di marketplace akan mempengaruhi reputasi dan status toko online. Semakin banyak produk yang terjual, maka toko akan menerima poin lebih sehingga bisa mendapatkan predikat sebagai salah satu toko terbaik di aplikasi e-commerce tertentu. Di waktu yang akan datang, konsumen pun tak ragu untuk membeli barang-barang yang tersedia di toko Anda karena sudah banyak orang yang membelinya.

3. Stok Barang Cepat Habis

Penjualan kilat yang dilakukan oleh toko online tertentu akan memudahkan pemilik bisnis dalam menghabiskan stok barang yang dimilikinya. Beberapa produk mungkin adalah barang musiman yang hanya laku di momen atau waktu tertentu sehingga perputaran barangnya cukup lambat sehingga hanya menumpuk di gudang. 

Hal ini juga berpotensi membuat produk mengalami kerusakan jika terlalu lama dibiarkan di ruang penyimpanan sehingga cara yang tepat untuk menghabiskannya dengan melancarkan strategi flash sale. Selain barang musiman, produk-produk yang tidak tahan lama atau memiliki masa kedaluwarsa yang semakin dekat juga bisa segera terjual dengan menggunakan program flash sale tersebut.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Program flash sale biasanya akan ditampilkan pada halaman depan aplikasi e-commerce untuk menarik pembeli. Secara tidak langsung, hal ini bisa meningkatkan brand awareness bagi bisnis Anda. Orang-orang jadi tahu bahwa toko Anda ternyata menjual barang ini dan itu. Lama kelamaan produk dan toko semakin populer dan mendatangkan lebih banyak konsumen baru.

Baca juga: Bundling Artinya Penggabungan Produk, Ternyata Ini Manfaat dan Tantangannya

Kekurangan Flash Sale

flash sale artinya
Sumber: freepik

Selain mendatangkan keuntungan, ternyata strategi penjualan kilat memiliki kekurangan tersendiri. Saat membeli suatu produk lewat program flash sale artinya konsumen harus siap rebutan karena siapa cepat dia yang dapat. Secara teknis kelemahan program ini akan dirasakan dari pihak konsumen. Murahnya harga yang ditawarkan akan meningkatkan minat calon pembeli sehingga banyak orang yang ramai mengunjungi situs toko Anda. 

Biasanya, hal ini akan membuat sistem aplikasi sulit diakses atau terjadi error pada sistem. Strategi ini juga kerap membuat pembeli kecewa karena saat melakukan proses check out, tiba-tiba barang yang diinginkan sudah hilang atau habis karena kalah cepat di waktu akan melakukan pembayaran.

Baca juga: Wajib Eksekusi! 10 Cara Meningkatkan Penjualan Paling Ampuh

Tips Melakukan Penjualan Kilat yang Efektif 

flash sale artinya
Sumber: freepik

Apakah strategi penjualan kilat bisa menjamin produk yang Anda jual pasti laku keras di pasaran? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Jika ingin program flash sale di toko online Anda berhasil, lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Memilih dan Menyiapkan Stok Produk 

Sebelum mengadakan program penjualan kilat, Anda bisa memiliki atau melakukan seleksi produk yang akan dijual. Hal ini mungkin membutuhkan riset terlebih dulu supaya produk yang dipilih bisa laku sesuai harapan. Anda mungkin bisa mengutamakan barang-barang yang sedang tren atau paling dibutuhkan konsumen saat ini. 

Setelah menentukan barang apa saja yang akan dijual, selanjutnya hitung stok barang yang tersedia untuk persiapan program flash sale. Hal ini penting untuk dilakukan agar penjualan kilat bisa sesuai dengan stok barang yang tersedia. 

2. Menentukan Waktu yang Tepat untuk Flash Sale 

Selanjutnya, Anda juga harus tahu waktu yang tepat dalam melaksanakan program penjualan kilat tersebut. Pertimbangkan untuk melancarkan strategi ini pada momen-momen khusus seperti mendekati tanggal gajian, hari raya, harbolnas, dan lain-lain. Jangan lupa tentukan jam mulai dan berakhirnya program tersebut. Anda bisa menentukan jam flash sale yang tepat melalui insight atau analytic di jejaring sosial seperti Instagram.

3. Jangan Lupa Beriklan

Lakukan promosi dan beri tahu masyarakat bahwa Anda akan melangsungkan program penjualan kilat pada hari, jam, dan platform tertentu secara jelas. Sebaiknya kegiatan promosi ini dilakukan sejak jauh-jauh hari dan terus diulang secara intens agar masyarakat selalu ingat. Anda bisa mengiklankannya di media sosial atau official website toko online yang dimiliki.

Baca juga: Ternyata Gampang Banget Lho Cara Iklan di Instagram! Simak Tutorialnya di Sini! 

4. Tentukan Batasan Jam yang Singkat

Sesuai dengan namanya, flash sale artinya penjualan singkat yang dilakukan dalam kurun waktu beberapa jam saja. Cara ini akan mempengaruhi konsumen secara psikis untuk segera membeli barang tersebut sebelum kehabisan. Tingkatkan pelayanan Anda dengan menyarankan konsumen untuk mengaktifkan notifikasi jam flash sale sebagai pengingat.

5. Tawarkan Harga yang Menarik

Umumnya, program penjualan kilat menawarkan diskon “gede-gedean” untuk menarik minat konsumen. Namun, pastikan Anda sudah memperhitungkan harga terbaik agar bisa memperoleh keuntungan yang diinginkan. Walaupun menjual barang secara murah, jangan abaikan kualitas produk dan sortir barang-barang yang sekiranya sudah tidak layak jual. Ingat, kepuasan pelanggan adalah yang nomor 1. 

Baca juga: 5 Terobosan Paling Ampuh untuk Naikkan Kepuasan Pelanggan dari Bisnis Anda


Bagi Anda yang tertarik untuk memperdalam ilmu bisnis serta mempelajari strategi penjualan dan marketing terkini, bergabunglah ke Seminar Sales Marketing Revolution bersama master trainer terbaik Indonesia yaitu Tung Desem Waringin atau TDW. Kiprah TDW dalam dunia usaha sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah ada puluhan cabang bisnis yang berhasil beliau kembangkan baik di bidang properti, F&B, hospitality, waralaba, dan lain-lain. Sudah siap belajar langsung dari ahlinya? Langsung saja daftarkan diri Anda dengan klik di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top