Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

Frugal Living: Pengertian, Ciri-Ciri, dan 3 Tips Mudah Menjalaninya

Setiap orang punya cara sendiri dalam menjalani kehidupannya, dan setiap pilihan akan berpengaruh terhadap masa depan tiap-tiap individu. Gaya hidup hemat, atau yang kini familier dengan sebutan frugal living, sebenarnya bukanlah hal yang baru. Orang yang menjalani gaya hidup ini sangat perhitungan dengan pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan. Namun, konsep hidup tersebut tidak sama dengan hidup pelit atau minimalis. 

Seorang frugal, sebutan untuk orang yang menjalani frugal living, sadar betul dengan keinginannya, dan tahu cara mendapatkan apa yang diinginkan tanpa mengganggu perencanaan keuangan yang sudah dibuat. Anda tertarik untuk mencoba gaya hidup ini? Simak dulu berbagai informasi terkait kehidupan frugal berikut ini.

Apa Itu Frugal Living?

Frugal living merupakan cara hidup hemat dengan menyadari secara penuh pengeluaran yang ingin dilakukan tanpa membahayakan kesehatan finansial pribadi. Seorang frugal bukanlah orang pelit yang selalu mengambil pilihan termurah saat membeli sesuatu, tapi membeli barang yang sesuai keinginan dan menjadikannya prioritas utama sebelum membeli barang yang lain.

Jadi, seorang yang menjalani gaya hidup ini dapat diilustrasikan sebagai berikut, saat dia ingin membeli ponsel pintar, bukan smartphone dengan harga paling murah yang akan dibeli. Namun, orang tersebut akan membeli ponsel dengan kualitas dan spesifikasi yang diinginkan sekalipun harganya cukup mahal. Walaupun begitu, seorang frugal akan mempertahankan ponsel pintar yang telah dibelinya tadi dalam jangka waktu yang lama, dan tidak akan membeli yang baru kecuali ponsel tersebut rusak. 

Di sisi lain, orang tersebut kemudian akan menghemat pengeluaran lainnya untuk menutupi atau mengganti besarnya pengeluaran yang dilakukan saat membeli smartphone tadi. Jadi, sebisa mungkin orang tersebut tidak akan mengeluarkan uang dalam jumlah besar karena sudah terpakai untuk membeli ponsel pintar tadi. Dengan kata lain, seorang frugal tahu mana yang harus diprioritaskan, dan mana yang harus ditunda atau ditahan terlebih dulu.

Karakteristik atau Ciri-Ciri Frugal Living

frugal living

Sumber: Freepik

Tahukah Anda, bahwa orang yang menerapkan gaya hidup frugal tidak selalu mereka yang berada di kalangan menengah ke bawah. Justru, frugal living pernah dipraktekkan oleh selebritis dan tokoh terkenal yang notabene berkelebihan harta seperti pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, aktor Keanu Reeves dan Leonardo Dicaprio, serta penyanyi nyentrik Lady Gaga. 

Gaya hidup baru dalam mengelola uang ini juga erat kaitannya dengan tujuan meraih kebebasan finansial di masa depan serta kemungkinan pensiun dini secepat mungkin. Namun, untuk bisa mencapai hal tersebut, tak cukup hanya berhemat saja, tapi juga menyisihkan uang untuk ditabung atau diinvestasikan agar nilainya berlipat ganda. Berikut ini adalah karakteristik atau ciri-ciri orang yang menganut gaya hidup frugal.

1. Tidak Terpengaruh dengan Tren Terkini

Orang-orang frugal lebih bisa menahan diri untuk tidak larut dalam arus tren yang sedang viral saat ini. Mereka akan tutup mata dan telinga dengan omongan orang lain yang menganggapnya kuno atas pilihan berbeda tersebut. Bahkan, mereka justru merasa lebih nyaman dan percaya diri dengan jalan berpikir yang sudah diambil.

2. Mengutamakan Fungsi Daripada Gengsi

Orang yang menjalani frugal living juga bisa dilihat dari caranya dalam memilih barang. Poin ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin pertama. Saat dihadapkan dengan kebutuhan akan smartphone misalnya, seorang frugal akan mengutamakan fungsi yang ingin didapat alih-alih memilih barang yang citranya “wah” sehingga membuatnya dipuji-puji atau diakui banyak orang.

3. Menghargai Nilai Uang

Penganut gaya hidup hemat akan lebih bisa menghargai nilai sebuah uang. Jadi saat ingin mengeluarkan uang, dia akan memperhitungkan apakah barang yang akan dibeli benar-benar bermanfaat atau tidak. Selain itu, orang tersebut juga akan mempertimbangkan urgensi dari pembelian barang tersebut.

4. Prioritas Kebutuhan di Atas Keinginan

Mengedepankan kebutuhan diatas keinginan adalah harga mati yang dipegang oleh pelaku frugal. Orang tersebut cenderung banyak pertimbangan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya sekedar diinginkan sebelum memutuskan untuk membeli.

Tips Menjalani Hidup Ala Frugal 

Jika tertarik untuk menerapkan gaya hidup ini pada kehidupan sehari-hari, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa menjalaninya dengan mudah. Berikut ulasannya.

1. Beli Karena Butuh Bukan Karena Ingin

Sebelas dua belas dengan karakteristik dari seorang frugal, Anda harus mengutamakan kebutuhan diatas keinginan. Membeli sesuatu karena benar-benar butuh dan menunda keinginan akan menyelamatkan finansial Anda di masa depan nanti.

2. Menabung untuk Investasi

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Ungkapan tersebut cukup relevan jika dikaitkan dengan gaya hidup frugal yang penuh perhitungan terutama dalam hal finansial. Gaya hidup hemat yang dijalani juga sebaiknya diimbangi dengan perencanaan keuangan yang matang sejak dini, salah satunya dengan berinvestasi. Tujuan investasi sendiri tak lain untuk menciptakan pendapatan pasif yang nantinya sangat berguna saat Anda memasuki usia yang tidak produktif lagi.

3. Fokus pada Masa Depan

Anda tidak hanya hidup untuk hari ini, tapi juga masa depan. Oleh sebab itu, menikmati hari ini sewajarnya boleh-boleh saja, asalkan masa depan tetap jadi prioritas utama. Dengan mempersiapkan pos-pos finansial untuk kehidupan di masa depan, nantinya hal tersebut juga akan bermanfaat untuk kehidupan di hari tua.

Gaya hidup frugal akan membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan baik, menyiapkan masa depan yang lebih terencana, meraih financial freedom, dan mewujudkan keinginan pensiun dini. Namun, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Untuk mendukung kesehatan finansial yang lebih baik, Anda juga harus belajar bagaimana caranya menghasilkan passive income dari jalur investasi. 

Temukan berbagai tips dan trik ampuh mengelola finansial langsung dari pakarnya dengan bergabung ke Seminar Financial Revolution bersama Master Trainer Tung Desem Waringin yang merupakan pembicara terbaik Indonesia versi majalah Marketing dan memecahkan rekor MURI melalui karya buku-bukunya yang berjudul Financial Revolution dan Marketing Revolution. Tunggu apalagi? daftarkan diri Anda sekarang juga dengan klik di sini.