Tiru 6 Gaya Hidup Sehat ala Pebisnis Sukses Berikut demi Sehat Mental dan Fisik!

gaya hidup sehat

Keseimbangan dalam membagi waktu untuk pekerjaan dan kehidupan sangat penting untuk diperhatikan siapa saja, termasuk oleh para pebisnis. Hal ini akan berdampak pada kesehatan fisik maupun mental seseorang. Kesibukan dalam mengelola bisnis seringkali membuat para pelaku usaha terlalu memforsir diri dan tenaga sehingga rentan jatuh sakit. Oleh sebab itu, imbangi rutinitas Anda dengan menerapkan gaya hidup sehat supaya fisik dan mental selalu prima. 

Tips Gaya Hidup Sehat untuk Pebisnis

Untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses memang dibutuhkan kegigihan. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat agar tubuh tidak mudah sakit. Rutinitas padat yang sangat menyita waktu seringkali membuat seseorang acuh untuk memperhatikan kesehatannya. Terlalu sibuk bekerja akan memicu rasa lelah yang berkepanjangan sehingga kondisi kesehatan pun lama kelamaan akan menurun. 

Tak hanya fisik saja, kondisi mental juga ikut terganggu dan menyebabkan munculnya stres hingga rasa depresi. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat di sela-sela aktivitas Anda. Menerapkan pola hidup sehat seringkali dianggap sebagai kegiatan yang rumit dan mahal, padahal kenyataannya tidak demikian. Yuk lakukan beberapa hal berikut agar pekerjaan dan kehidupan bisa berjalan dengan seimbang, bisnis lancar, kesehatan pun terjaga!

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

gaya hidup sehat
Sumber: freepik

Mulai jaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat yang kaya akan gizi. Walaupun terkesan klise dan remeh, tapi masih banyak orang yang menyepelekan hal ini. Padahal, rutin makan makanan bergizi tak hanya menjaga tubuh tetap sehat saja, tapi juga meningkatkan sistem imunitas serta membantu kinerja otak untuk bisa berkonsentrasi dengan baik sepanjang hari. Pola makan yang sehat bisa dijalankan dengan menyantap makanan yang kaya akan serat, buah dan sayur, serta memperbanyak ikan sebagai sumber protein. 

2. Biasakan Sarapan

Saat memulai hari, jangan lewatkan untuk sarapan agar tubuh selalu berenergi. Selain itu, sarapan juga memberikan banyak manfaat lain seperti meningkatkan konsentrasi, mencegah sakit maag, membuat pola makan harian lebih terkontrol, serta menjaga kesehatan. Melewatkan sarapan justru akan membuat Anda berisiko mengalami obesitas karena pola makan yang tidak teratur.

Baca juga: Apa Dampak Negatif dari Gaya Hidup Boros? Jangan Sampai Menyesal seperti Mike Tyson!

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

gaya hidup sehat
Sumber: freepik

Selain memperhatikan asupan makanan dan membiasakan diri untuk selalu sarapan, Anda juga harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar selalu terhidrasi dengan baik. Umumnya, seseorang dianjurkan untuk minum 2 liter air putih setiap hari untuk memenuhi asupan cairan harian dalam tubuh. Namun, Anda mungkin membutuhkan lebih dari 2 liter air putih apabila memiliki aktivitas yang sangat padat. Kekurangan cairan bisa membuat kesehatan tubuh menurun serta memicu stres dan susah konsentrasi.

4. Rutin Olahraga

Gaya hidup sehat berikutnya yang tak kalah penting untuk dijadikan rutinitas adalah berolahraga. Aktivitas fisik yang dilakukan secara ajeg akan membuat tubuh selalu bugar dan sehat. Tak hanya itu saja, efek positif dari berolahraga juga baik untuk kesehatan mental karena menjauhkan diri dari risiko stres. Anda bisa memulainya dengan aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan kaki atau sekedar jogging. Sebaiknya kegiatan tersebut dilakukan setiap hari dengan meluangkan waktu setidaknya 30 menit saja per hari.

Baca juga: Inilah Sederet Gaya Hidup Orang Sukses yang Patut Ditiru

5. Memiliki Kualitas Tidur yang Baik

gaya hidup sehat
Sumber: freepik

Tubuh juga perlu istirahat, oleh sebab itu miliki waktu rehat yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Kualitas tidur yang baik bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan juga mental. Tubuh yang kurang istirahat biasanya akan mudah lelah dan juga stres. Hindari kebiasaan begadang dan atur waktu tidur Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Matikan penerangan menjelang waktu tidur dan jauhkan mata dari paparan layar gadget agar Anda bisa terlelap dengan cepat. 

6. Jangan Lupa “Me Time

Meluangkan waktu untuk diri sendiri juga bisa membantu menjaga kewarasan Anda. Hal ini juga bisa menjadi reward setelah seharian lelah dengan berbagai aktivitas pekerjaan yang menguras tenaga. Me time bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menyalurkan hobi sesuai minat masing-masing. Anda juga bisa meluangkan waktu sejenak untuk bepergian atau liburan ke tempat yang diinginkan. Lakukan kegiatan yang membuat hati dan pikiran menjadi bahagia sehingga Anda akan lebih siap saat harus kembali ke rutinitas semula

Baca juga: Terapkan! Sukses Berawal dari 7 Prinsip Hidup Berikut Ini

Memulai gaya hidup sehat memang tidak mudah, tapi jika sudah dijalani, hal ini akan menjadi kebiasaan. Jika ingin memiliki gaya hidup yang lebih ideal untuk diri sendiri, bergabunglah ke Seminar Life Revolution yang akan dipandu oleh trainer terbaik tanah air yaitu Tung Desem Waringin. Tak hanya mengetahui resep rahasia gaya hidup yang ideal, pada seminar tersebut Anda juga bisa bertukar pikiran, berdiskusi, serta menjalin lebih banyak relasi yang bisa memberikan sumbangsih pada bisnis yang dijalani. Segera daftarkan diri Anda dan jangan tunda sampai besok karena kuota terbatas!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top