Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

7 Ide Bisnis Kreatif Kaum Milenial Modal Kecil Untung Besar

Ide bisnis kreatif adalah ide yang dikembangkan menjadi sebuah usaha atau bisnis, bahkan bisa menjadi lapangan kerja baru di dunia industri. Selain ide, ide ini juga diperlukan untuk mengembangkan perusahaan agar terus mengikuti tren.

Usaha kreatif diartikan menjalankan bisnis dengan mengusung inovasi dan keunikan, serta memiliki perbedaan dari bisnis kreatif yang lain. Ide bisnis kreatif melibatkan banyak gagasan yang digabungkan secara langsung.

Saat ini banyak orang yang menciptakan ide bisnis kreatif modal kecil untung besar dan menjadi trend usaha bagi kaum milenial. Berikut beberapa ide bisnis kreatif modal kecil untung besar yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Bisnis Makanan Ringan

Ide bisnis kreatif yang pertama yaitu berjualan makanan ringan. Produk ini tidak hanya diminati oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Makanan ringan sering kali dibeli untuk selingan sebelum makan berat, cemilan sembari menunggu, bahkan  makanan pendamping untuk menemani bekerja atau belajar.

Banyak sekali jenis makanan ringan yang bisa Anda pilih, mulai dari produk lokal hingga internasional. Untuk memangkas modal yang besar, Anda bisa memilih berjualan atau berbisnis makanan ringan produk lokal. Bahkan Anda bisa juga membuat makanan ringan sendiri.

Misalnya membuat makanan ringan berbahan dasar singkong dan kulit pangsit. Keripik singkong atau pangsit mini goreng bisa menjadi pilihan ide bisnis kreatif dengan modal kecil namun memberikan keuntungan besar.

Contoh, untuk membuat 300 bungkus keripik singkong, Anda hanya membutuhkan 10 kilogram singkrong dan berbagai bumbu dasar. Jika ingin membuat 300 pangsit mini, membutuhkan kurang lebih 100 lembar kulit pangsit yang kemudian dipotong-potong.

Pangsa pasar makanan ringan pun juga luas. Jika Anda mahasiswa atau pekerja, bisa menjajakan makanan ringan di lingkungan kampus maupun kantor. Bahkan Anda juga bisa menitipkan makanan ringan di kantin-kantin sekolah atau warung-warung makan. Atau memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

2. Kerajinan Barang Bekas

Barang-barang bekas yang tidak terpakai di rumah bisa Anda sulap menjadi kerajinan daur ulang yang menguntungkan. Misalnya memanfaatkan sampah-sampah botol plastik atau ember plastik yang sudah tidak digunakan menjadi pot bunga. Memanfaatkan kain-kain perca yang disulap sebagai frame foto. Anda juga bisa memanfaatkan kertas-kertas tak terpakai menjadi lampion sebagai interior rumah.

Memanfaatkan barang-barang bekas juga bisa Anda jadikan sebagai penghias casing handphone. Desain casing handphone semakin marak dibutuhkan manusia, karena smartphone sudah menjadi kebutuhan primer. Jika tidak bisa melukis atau menggambar, memanfaatkan barang bekas sebagai desain casing handphone.

Sebagai permulaan, Anda bisa memajang karya kerajinan barang bekas di media sosial atau mempromosikan kepada teman-teman terdekat. Dari barang-barang bekas tersebut bisa menjadi ide bisnis kreatif modal kecil untung besar.

3. Content Creator

Perkembangan teknologi yang semakin cepat bisa menjadi modal dasar ide bisnis kreatif, salah satunya menjadi content creator atau pembuat konten. Kini banyak media sosial yang bisa dijadikan platform atau tempat untuk menuangkan ide-ide kreatif, misalnya Youtube dan Tiktok.

Menjadi content creator, Anda bisa memanfaatkan kamera smartphone dan membuat konten yang mengedukasi masyarakat. Seperti membahas sejarah, eksplore tempat-tempat bersejarah maupun wisata, sebagai sarana belajar sekolah, review barang-barang, hingga tips dan trik.

Baca juga : Pasti Untung! Inilah 8 Ide Bisnis Out Of The Box Modal Minim

ide bisnis kreatif milenial

4. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis masih menjadi ide bisnis kreatif yang banyak peminat. Hal ini karena banyak bidang perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk menunjang performa maupun penjualan produknya.

Banyak sekali jenis-jenis jasa desain grafis, mulai dari advertising, motion graphic, marketing, hingga illustrator. Dunia desain grafik akan terus berkembang sesuai dengan teknologi dan tren yang sedang berjalan. Sehingga dibutuhkan orang-orang kreatif.

5. Jasa Titip Barang (Jastip)

Bagi Anda yang suka bepergian atau berbelanja, jasa titip (jastip) bisa menjadi ide bisnis kreatif lainnya. Bisnis ini menggunakan modal kecil namun memberikan keuntungan yang besar. Keuntungan yang didapat yaitu dari jasa titip karena sudah membelikan barang titipan.

Jasa titip barang bisa dari luar negeri hingga barang-barang di kota besar di Indonesia. Biasanya barang-barang di kota besar lebih update dibandingkan di daerah, sehingga banyak sekali orang yang memilih jasa titip atau jastip seseorang untuk membelikannya terlebih dahulu.

Target pasarnya pun juga bermacam-macam, sesuai dengan barang yang Anda tawarkan untuk jastip ini. Barang-barang yang bisa dijadikan produk jastip juga tidak terbatas, namun kebanyakan adalah barang branded atau barang yang harus dibeli di luar negeri. Bisnis ini harus diimbangi dengan kejujuran dan ketelitian Anda ketika menerima titipan orang lain. Hal tersebut untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli.

6. Jasa Merencanakan Perjalanan

Anda yang senang travelling tentu memiliki banyak rekomendasi tempat wisata, penginapan, kuliner, pusat oleh-oleh, hingga sewa kendaraan pribadi. Pengalaman traveling tersebut untuk membuka jasa perencanaan perjalanan.

Anda bisa membuatkan rencana perjalanan seseorang, mulai dari lokasi satu wisata ke lokasi yang lain, rekomendasi penginapan mulai dari yang murah hingga mahal, rekomendasi makanan serta oleh-oleh, dan saran atau rekomendasi kendaraan yang sebaiknya digunakan di lokasi wisata.

Sebelum membuat perencanaan perjalanan, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Agar informasi atau rencana perjalanan yang Anda tawarkan merupakan informasi terkini.

7. Jual Barang Preloved

Ide bisnis kreatif lainnya adalah jual barang preloved. Tentu bisnis ini membutuhkan modal yang sedikit, yaitu memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai tetapi masih layak digunakan. Misalnya pakaian, barang elektronik, barang antik, skincare yang menumpuk karena hasil endorse, peralatan kerja, dan masih banyak lainnya.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Anak Muda Modal Kecil Tapi Bisa Untung Besar

Ide bisnis kreatif bisa menjadi cara Anda mendapatkan kehidupan dan pendapatan yang lebih baik. Memanfaatkan teknologi, mengikuti perubahan bisnis saat ini dan meningkatkan kapasitas Anda adalah hal mutlak agar tetap berkambang. Ikuti Seminar Business Revolution dari Tung Desem Waringin Resources untuk tahu cara merevolusikan bisnis agar dapat berkembang dan mendapatkan passive income untuk Anda. Informasi jadwal seminar yang bisa Anda ikuti, klik disini!