Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

Teknik Menang dari Kompetitor adalah Membuat Perbedaan! Simak 5 Cara Lainnya!

Dalam dunia bisnis, keberadaan pesaing atau kompetitor adalah hal yang lumrah. Sekalipun Anda menawarkan produk atau jasa yang hanya ada satu-satunya di dunia, suatu hari pasti akan muncul pesaing menawarkan hal sama. Kompetitor ini bisa berarti baik atau buruk, tergantung pada bagaimana Anda menilainya. Kompetitor adalah satu atau beberapa pesaing usaha yang menawarkan produk barang atau jasa yang sama dengan bisnis Anda. Kompetitor menjadi bagian penting dalam perekonomian, terutama dalam pasar bebas.

Keberadaan kompetitor seringkali dianggap sebagai suatu tantangan atau risiko yang harus ditaklukan, supaya bisnis yang dijalankan menjadi berhasil atau mendapatkan keuntungan. Jika Anda salah memperlakukan kompetitor, maka mereka akan memberikan dampak yang serius bagi bisnis Anda. Mulai dari konsumen yang lebih memilih kompetitor Anda, hingga membuat bisnis Anda menjadi gulung tikar. Di sisi lain, kehadiran kompetitor dalam suatu bisnis membuat harga barang dan jasa menjadi turun, sehingga akan sangat menguntungkan dari sisi pelanggan karena bisa memenuhi kebutuhan dengan lebih murah.

Apa Saja Manfaat Kompetitor bagi Bisnis? 

kompetitor adalah

Jika diperhatikan dari sisi positifnya, kompetitor pun sebenarnya mampu memberikan manfaat yang baik pada suatu bisnis. Berikut ini adalah manfaat dari kompetitor:

1. Memberikan Motivasi untuk Selalu Memberikan yang Terbaik

Tidak bisa dipungkiri bahwa kompetitor mampu memberikan motivasi atau hal positif pada suatu bisnis. Pasalnya, kompetitor akan memacu Anda agar selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen Anda. Mulai dari tingkat pelayanan, kualitas produk, hingga menciptakan suatu inovasi serta kreativitas yang baru pada bisnis Anda. Anda sebagai seorang pebisnis juga bisa melakukan evaluasi dan juga mendapatkan kekurangan yang selama ini dirasakan dan yang tidak disukai oleh konsumen Anda. Seluruh hal tersebut dilakukan supaya tidak ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh kompetitor Anda.

2. Meningkatkan Performa Pebisnis

Dorongan yang kuat yang dirasakan oleh setiap pebisnis tentu saja akan memberikan dampak yang baik bagi performa suatu bisnis. Dengan begitu, Anda akan menjadi semakin bersemangat untuk bisa mengejar kompetitor Anda, atau bahkan mendahului mereka. Dampak paling besar yang bisa dirasakan adalah keuntungan yang semakin meningkat, karena performa yang Anda berikan untuk bisnis Anda semakin besar juga.

3. Selalu Berpikir Lebih Baik dari Kompetitor

Seorang pebisnis yang baik adalah mereka yang tidak selalu berada pada zona nyaman, dan selalu berpikir lebih baik dalam hal strategi agar tidak tertinggal satu langkah pun dari kompetitornya. Kehadiran kompetitor juga akan membuat Anda sebagai pebisnis untuk berpikir out of the box, serta memikirkan strategi pemasaran yang baik lagi. Maka dari itu, jangan ragu untuk mencoba berbagai hal baru yang saat ini tengah berkembang.

4. Mendapatkan Pelanggan Setia

Berbagai usaha yang sudah Anda lakukan sebelumnya tentu saja akan memberikan hasil yang memuaskan, seperti hadirnya pelanggan setia yang selalu membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Alasan utamanya adalah karena Anda mampu memberikan berbagai pelayanan yang memuaskan, kualitas produk yang baik, serta berbagai strategi marketing yang baik. Dengan begitu, brand Anda bisa bertahan di kondisi yang sulit sekalipun. Para pelanggan juga akan merasa seluruh sarannya didengar oleh Anda, karena Anda mampu memperbaiki diri untuk selalu mengikuti tren pasar.

Bagaimana Tips dan Cara Mengatasi Persaingan dengan Kompetitor? 

kompetitor adalah

Pengetahuan mengenai apa itu kompetitor itu tidak cukup untuk mengatasi persaingan dengan kompetitor di pasar. Meskipun Anda bisa banyak belajar dari pesaing, namun Anda pun harus selalu waspada strategi bisnis Anda tidak dicuri oleh pesaing. Berikut ini ada sejumlah tips dan cara mengatasi persaingan dengan kompetitor di pasaran.

1. Kenali Kompetitor Anda

Pelajari kompetitor Anda dengan baik, mulai dari apa yang mereka tawarkan, apa kekuatan dan kelemahan, hingga siapa pelanggan mereka. Dengan demikian, Anda bisa memposisikan produk Anda sendiri di pasaran dan menciptakan peluang dari kelemahan pesaing.

2. Kenali Pelanggan Anda

Ingat, jangan cepat puas dengan jumlah pembelian yang tinggi dari pelanggan, karena sewaktu-waktu mereka bisa beralih ke pesaing. Cari tahu terus apa saja yang mereka butuhkan, sehingga Anda dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan menciptakan loyalitas tinggi.

3. Membuat Perbedaan

Meskipun bergerak di lini bisnis yang sama, namun Anda harus menciptakan karakteristik unik pada produk atau layanan Anda. Anda harus fokus untuk membedakan produk atau layanan Anda dari pemain lain di pasar. Ini mengarah pada pengembangan produk, meningkatkan kualitasnya, dan memberinya warna yang unik, sehingga dapat menarik pelanggan. Hal ini bertujuan untuk membuat kesan bahwa apa yang Anda tawarkan berbeda dengan kompetitor.

4. Tingkatkan Pemasaran

Ketika pesaing mulai banyak bermunculan, maka mau tak mau Anda pun harus meningkatkan pemasaran. Lakukan campaign produk secara berkala untuk mencitrakan perusahaan Anda sebagai perusahaan yang terdepan di bidangnya.

5. Menargetkan Segmen Baru

Seperti yang disebut sebelumnya, pastikan Anda mempelajari segmentasi kompetitor, dan temukan ceruk pasar yang belum tersentuh. Dari situ, targetkan ceruk pasar tersebut sebagai segmentasi pasar yang baru bagi perusahaan Anda. 

6. Membuat Rencana untuk Masa Depan

Kemudian, silakan buat rencana jangka panjang untuk perusahaan Anda, karena bisnis yang merencanakan pertumbuhan akan lebih sukses daripada bisnis yang stagnan. Jangan lupa ikuti pula perkembangan, trend konsumen, dan berinvestasilah pada teknologi baru.

7. Jangan Lupa Berikan Layanan Terbaik 

Memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan Anda tidak hanya penting untuk kepuasan pelanggan saat ini, namun juga penting untuk menarik pelanggan baru. Ketika pelanggan merasa puas, maka kemungkinan besar mereka akan menyebarkan positive word-of-mouth dengan cara merekomendasikan produk atau jasa Anda pada orang lain. Hal ini dapat menjadi peluang yang bagus bagi Anda karena tidak banyak yang memberikan layanan yang memuaskan. Dengan begitu, Anda dapat menonjol di antara kompetitor Anda.

8. Explore Peluang Kemitraan

Di dalam dunia bisnis, peluang kemitraan atau partnership sangat populer saat ini. Sebagian besar bisnis menjangkau orang lain dengan harapan akan mencapai target pasar yang baru. Saat mempertimbangkan kemitraan, pastikan Anda memikirkan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk bisa lebih berhasil dan kemudian bertindak berdasarkan peluang itu. 

Kompetitor adalah pesaing yang harus disikapi dengan bijak! 

Perlu dipahami bahwa akan selalu ada pelajaran yang tersembunyi dalam segala hal, begitu pula tentang kompetitor Anda. Faktanya, Anda bisa belajar banyak hal dari mereka. Jika Anda bersaing dengan area pemasaran tertentu, Anda dapat mencoba untuk meniru hal yang sama dari pesaing Anda dan mengembangkannya. Anda pun dapat belajar dari kegagalan dan kesalahan mereka. 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kompetitor adalah pesaing bisnis yang tidak bisa Anda remehkan, baik kompetitor kecil maupun besar. Anda tidak bisa sepenuhnya menyingkirkan kompetitor dalam pasar. Akan tetapi, kompetitor bukanlah ancaman yang besar selama Anda bisa menanganinya dengan baik. Sebab, dengan adanya kompetitor justru akan memotivasi perusahaan Anda untuk selalu tampil lebih baik dalam melayani pelanggan.

Baca juga: Pemula Juga Bisa Kaya Raya dari Bisnis Kos-kosan Lho! Ini 8 Tips Rahasianya

Supaya lebih matang dalam menjalankan bisnis, siap menghadapi kompetitor, dan mampu mencapai keuntungan yang fantastis, tentunya Anda harus banyak belajar. Selain membaca buku, Anda pun perlu ikut kursus, seminar, dan pelatihan untuk terus menambah wawasan supaya bisnis Anda sukses. Anda bisa menjadi bagian dalam Seminar Business Revolution bersama dengan pakar bisnis Tung Desem Waringin. Seminar yang satu ini dikemas dengan proses yang High-Impact, banyak latihan, games, studi kasus, bahkan ada ”Hot Seats” dan langsung praktik. Menariknya lagi, Anda akan belajar 10 bisnis modul untuk membuat Anda kaya melalui bisnis.

Maka dari itu, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan paling ini supaya bisnis Anda semakin maju. Tentunya Anda tidak ingin impian Anda menjadi pengusaha sukses hanya angan belaka, bukan? Maka dari itu, mari bulatkan tekad untuk menimba ilmu sebanyak mungkin melalui Seminar Business Revolution. Daftar sekarang juga, selamatkan kursi Anda!