Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

Raih Kesuksesan, Bangun Motivasi Hidup dengan 5 Cara Ini!

Setiap orang, termasuk Anda tentu saja ingin mengubah atau meraih setidaknya satu hal dalam hidup. Namun, seperti yang disadari bahwa terkadang menemukan motivasi hidup hanya untuk memulai hal baru itu sulit. Motivasi hidup bisa saja menjadi hal yang sederhana, namun cukup rumit secara bersamaan. Di satu waktu, Anda mungkin sangat mudah termotivasi di waktu-waktu yang tidak terduga. Namun, di lain waktu, rasanya sangat sulit untuk memotivasi diri sendiri dan keluar dari lingkaran penunda-nundaan.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering menggunakan kata “motivasi” untuk menjelaskan alasan Anda dalam melakukan sesuatu. Sederhananya, motivasi hidup yang mendorong semua tindakan seseorang dalam memperoleh kepuasaan tertentu, keinginan, atau tujuan. Hal ini karena tanpa disadari, segala sesuatu yang dilakukan telah dimotivasi oleh beberapa kombinasi kebutuhan atau keinginan, baik yang disadari atau tidak.

Lantas bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menemukan motivasi hidup?.

Apa itu Motivasi Hidup?

motivasi hidup

Motivasi memang sangat penting untuk membantu Anda dalam mencapai tujuan, memecahkan masalah, menghadapi tantangan, dan mengambil peluang. Bukan hanya itu saja, motivasi juga diperlukan untuk mengubah kebiasaan buruk.

Seorang Psikolog America, Johnmarshall Reeve, mendefinisikan motivasi hidup sebagai dorongan internal, yaitu suatu kondisi dalam diri yang menginginkan perubahan, baik dalam diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Perlu diketahui, bahwa motivasi hidup manusia terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu intrinsik dan ekstrinsik.

  • Motivasi intrinsik adalah ketika Anda melakukan atau mencapai sesuatu demi kesenangan atau kepuasan tersendiri. Jenis motivasi hidup ini berhubungan erat dengan apa yang Anda ingin lakukan.
  • Sementara motivasi ekstrinsik berkaitan dengan apa yang harus Anda lakukan. Dalam hal ini, keinginan Anda untuk melakukan sesuatu bukan dilandasi oleh perasaan kesenangan atau kepuasan, melainkan untuk tujuan tertentu, seperti uang, gelar, kekuasaan, atau nilai yang bagus.

Baca juga: 7+ Rekomendasi Buku Tentang Kehidupan, Wajib Baca Salah Satunya!

Bagaimana Cara Memotivasi Diri Sendiri?

motivasi hidup

Terkadang, Anda perlu sedikit dorongan seperti motivasi hidup untuk meraih suatu tujuan. Jadi, Anda perlu mengatakan dengan lantang atau menulis alasan mengapa Anda perlu melakukan sesuatu. Pikirkan apa saja manfaat yang akan Anda raih jika berhasil mencoret satu goals di daftar pencapaian itu.

Berikut ini ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk membangun motivasi hidup. Silakan pahami satu per satu!

1.  Fokus pada Tujuan yang Positif

Untuk menggapai suatu tujuan, Anda harus mulai berpikir dengan tujuan-tujuan yang positif, dan bukan ketakutan-ketakutan yang negatif. Daripada berpikir “Saya bekerja karena tidak mau menjadi orang miskin”, akan lebih baik jika tujuan Anda adalah “Saya bekerja karena saya mau menyimpan sekian rupiah uang setiap bulannya”.

2. Buat Serangkaian Langkah Kecil untuk Capai Goals

Memiliki tujuan yang besar itu cukup sulit. Alih-alih mencoba mengubah seluruh hidup Anda sekaligus, cobalah untuk membuat perubahan-perubahan kecil yang akan membantu Anda mencapai tujuan. Pecahkan setiap goals menjadi serangkaian langkah kecil yang benar-benar mampu Anda capai. 

3. Berikan Self Rewards

Saat berhasil mencapai target atau menyelesaikan sebuah tugas, Anda perlu menghadiahi diri sendiri dengan sesuatu yang layak Anda dapatkan dan membuat diri Anda merasa senang. Ini adalah cara untuk menghargai usaha Anda sekaligus sebagai pemecut motivasi hidup dalam mencapai target yang berikutnya.

4. Sempatkan Istirahat Sejenak Saat Bekerja

Untuk menghindari burnout di tempat kerja, Anda bisa meluangkan waktu selama 5 menit setiap jam untuk pergi ke kamar mandi atau sekadar meregangkan tubuh.

5. Selalu Bersikap Positif

Isi hari-hari Anda dengan percakapan, kegiatan, atau situasi dan orang-orang yang bisa menginspirasi Anda untuk meraih tujuan. Misalnya, mengikuti seminar, membaca buku-buku pengembangan diri dan motivasi, atau sekadar menonton konten-konten yang positif di televisi maupun internet.

Penuhi hati Anda dengan rasa syukur, dan jangan selalu membandingkan diri Anda sendiri dengan orang lain. Buanglah segala pikiran negatif serta yakinlah bahwa diri Anda mampu mencapai tujuan yang sudah Anda tetapkan.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental agar Hidup Berkualitas

Perlu diingat bahwa mengubah hidup menjadi lebih baik tidak bisa terjadi dalam waktu semalam. Sebab, dalam prosesnya Anda akan menjumpai banyak tantangan yang mungkin tidak Anda perkirakan sebelumnya. Kuncinya adalah, jangan pernah menyerah!

Temukan mentor yang tepat, dan dorong diri Anda untuk terus menambah wawasan dan pengalaman hidup. Silakan Anda bergabung dalam Seminar Life Revolution dan belajar banyak hal agar mencapai kesuksesan hidup. Materi yang akan dibagikan dalam seminar ini akan membantu Anda mencapai kemajuan karier yang pesat dan luar biasa. Tema-tema menarik dalam Seminar Life Revolution bersama Tung Desem Waringin telah menanti Anda, daftarkan diri Anda sekarang juga!