Keren dan Inspiratif! 8 Produk Lokal Asli Indonesia Ini Berhasil Go International!

produk lokal

Banyak orang yang menganggap produk-produk asal luar negeri lebih berkualitas dibandingkan produk buatan Indonesia. Padahal, barang-barang hasil produksi tanah air juga tak kalah hebat lho! Faktanya, banyak produk lokal yang sudah go international dan menembus pasar global selama bertahun-tahun. Bahkan, banyak orang yang sampai saat ini mengira produk-produk tersebut bukan produk dalam negeri melainkan dari negara asing. Yuk ketahui produk keluaran Indonesia apa saja yang berhasil melebarkan sayap ke luar negeri melalui artikel berikut ini.

Daftar Produk Lokal Indonesia yang Mendunia

Meski masih menyandang status sebagai negara berkembang, kiprah Indonesia di sektor perdagangan layak mendapat acungan jempol. Pasalnya, ada banyak merek-merek asal Indonesia yang berhasil mencuri perhatian konsumen di negara asing. Lucunya, masyarakat Indonesia sendiri banyak yang tidak tahu bahwa beberapa produk dengan merek tertentu tersebut ternyata buatan anak bangsa. 

Berbicara tentang produk lokal yang sudah mendunia, produk Indomie dianggap yang paling legendaris. Padahal masih ada banyak produk Indonesia lainnya yang laris manis di negara tetangga dan sekitarnya seperti produk makanan, obat herbal, pakaian, dan lain-lain. Daripada penasaran, langsung saja simak informasinya sebagai berikut. 

1. Indomie

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Indomie adalah produk asli Indonesia paling legendaris yang sudah mendunia selama bertahun-tahun. Tak hanya di negara-negara Asia saja, kiprah Indomie juga sudah menembus pasar Eropa, Amerika, Afrika, dan juga Australia. Hebatnya, merek mie instan asal Indonesia ini sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di dunia lho! Bahkan, untuk memenuhi permintaan pasar internasional, ada beberapa pabrik yang dibangun di luar negeri, di antaranya adalah Mesir, Turki, Arab Saudi, Serbia, dan Nigeria. 

2. La Fonte

Siapa sangka jika merek pasta La Fonte ternyata asli buatan Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1991. Produk keluaran PT Bogasari ini bahkan tak hanya laku keras di dalam negeri, tapi juga diminati oleh penduduk mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, China, Jepang, Korea Selatan, Nigeria, dan negara lainnya. Berbagai jenis pasta merek La Fonte tersedia secara lengkap mulai dari spaghetti, fettucini, fusilli, penne, cocciolini, makaroni, dan lain-lain.

3. Kopiko

Permen kopi milik PT Mayora ini kini tak hanya populer di Indonesia saja, tapi juga dunia. Bahkan, produk ini juga sempat berseliweran di berbagai drama yang ada di Korea Selatan sebut saja Vincenzo, Mine, dan juga Hometown Cha Cha Cha. Berkat eksistensinya tadi, Kopiko kini semakin dikenal oleh publik di Negeri Ginseng tersebut. 

Namun, tak hanya di Korea Selatan saja, merek permen Kopiko juga diekspor ke lebih dari 80 negara yang ada di dunia, beberapa diantaranya seperti Singapura, Australia, Jerman, Portugal, dan lain-lain. Bagaimana, apakah Anda semakin bangga dengan prestasi yang ditorehkan produk-produk Indonesia tersebut?

4. J.CO

Johnny Andrean Group selama ini dikenal dengan bisnis perawatan rambut dan salon terkemuka yang sudah eksis sejak 1978. Tak puas dengan pencapaiannya tersebut, Johnny Andrean selaku pemilik bisnis kemudian menjajal bisnis F&B dengan mendirikan J.CO Donuts and Coffee yang sering Anda jumpai di mall dan bandara di berbagai kota di Indonesia. Hebatnya, bisnis kulinernya tersebut kini juga merambah ke negara lain seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan juga China.

5. Silver Queen

Produk lokal berikutnya yang pamornya juga sudah sampai ke mancanegara adalah Silver Queen. Merek coklat dari Indonesia ini sudah ada sejak tahun 1950 dan diproduksi oleh PT. Petra Foods yang juga membawahi produk Ceres dan Delfi. Jika Anda jalan-jalan ke luar negeri, jangan heran jika menemukan produk Silver Queen di berbagai gerai supermarket yang ada di sana. Silver Queen sejauh ini sudah diekspor ke negara Jepang, Filipina, Thailand, China, Hongkong, Australia, dan 11 negara asing lainnya. 

6. Tolak Angin

Produk obat herbal dengan tagline “Orang Pintar Minum Tolak Angin” ini juga berhasil masuk ke pangsa pasar luar negeri. Tak hanya laris manis di negeri sendiri, produk yang berada di bawah naungan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul tersebut bisa Anda temukan di berbagai negara lain seperti Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Arab Saudi, dan lain-lain.

7. Eiger

Tak hanya makanan dan obat herbal saja, masih ada banyak jenis produk lain buatan Indonesia yang diminati di luar negeri. Anda tentunya sudah tidak asing dengan produk Eiger bukan? Merek yang menjual berbagai aksesori untuk pecinta alam dan petualang tersebut juga berhasil go international di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Jepang, dan juga Lebanon. Berdiri sejak tahun 1979, produk yang ditawarkan Eiger diantaranya adalah tas, topi, sarung tangan, celana, sepatu, dan lain-lain. 

8. Terry Palmer

Namanya yang kebarat-baratan membuat banyak orang mengira produk yang satu ini berasal dari luar negeri. Padahal produk handuk merek Terry Palmer ini asli buatan tanah air. Kualitas produk yang ditawarkan Terry Palmer sudah diakui dunia bahkan berhasil menembus pasar Jepang, Amerika Serikat, dan beberapa negara di Eropa. 

Indonesia ternyata juga menyimpan banyak potensi yang dibuktikan lewat berbagai produk lokal tanah air yang mendunia. Hal ini tentu saja menjadi inspirasi bagi para pelaku bisnis untuk bisa melakukan hal yang sama di kemudian hari. Siapa tahu, setelah ini justru produk bisnis Anda yang berhasil masuk ke pasar internasional dan bersanding dengan merek-merek unggulan yang telah disebutkan di atas. 

Untuk membuatnya menjadi nyata, perdalam ilmu bisnis Anda dengan mengikuti Seminar Business Revolution bersama Tung Desem Waringin atau TDW. Tak hanya menguak berbagai cara jitu menjadi kaya dari bisnis, temukan juga rahasia mengembangkan bisnis melalui proses yang high impact, banyak latihan, games, studi kasus, hot seats, dan langsung praktek! Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda sekarang juga dengan klik di sini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top