Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

9+ Strategi Promosi Bisnis yang Paling Efektif, Omzet Bakal Naik!

Tujuan menciptakan produk dan layanan bagi pengusaha tentu untuk menjualnya kepada pelanggan dan menghasilkan keuntungan. Omzet penjualan yang meningkat merupakan prioritas utama bagi sebagian besar perusahaan. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan memiliki strategi promosi dan pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan baru dan pelanggan Anda saat ini tetap setia. Dalam artikel berikut ini akan dijelaskan pengertian strategi promosi dan beberapa metode promosi yang efektif untuk meningkatkan omzet penjualan dan bagus untuk tujuan jangka panjang. 

Apa itu Strategi Promosi?

Strategi promosi adalah rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk mempengaruhi orang lain terkait bisnis Anda, menghasilkan lebih banyak prospek, dan meningkatkan customer engagement. Promotion strategy memvisualisasikan bagaimana strategi pemasaran dan komunikasi, siapa target audiens Anda, serta di mana dan kapan harus melakukan promosi bisnis. Dalam penjualan, promosi membantu Anda menarik perhatian target Anda, menciptakan minat pada produk, menghasilkan permintaan, dan mendorong audiens membeli produk Anda.

Strategi Promosi yang Paling Efektif untuk Penjualan

Terdapat banyak strategi promosi untuk membantu bisnis meningkatkan penjualan, membangun basis pelanggan yang lebih besar, dan menaikkan omzet. Anda bisa mempertimbangkan beberapa metode berikut ini dalam meningkatkan penjualan:

1. Tentukan Tujuan Anda

strategi promosi

Sumber: Freepik

Menetapkan tujuan perusahaan Anda untuk meningkatkan penjualan dapat membantu Anda memutuskan langkah tepat yang harus diambil. Jika Anda ingin meningkatkan pendapatan dengan menawarkan produk yang lebih baru dan lebih baik, mulai tetapkan anggaran untuk riset, pengembangan, dan produksinya. Memahami tujuan promosi yang perlu Anda capai sangat penting agar Anda lebih mudah melacak kemajuan saat ini.

2. Tentukan Target Pasar Anda

Menentukan dan mempersempit target pasar Anda dapat mengurangi biaya promosi dan membantu Anda untuk menerapkan langkah-langkah yang efektif. Jika Anda membidik target pasar yang salah, tak hanya menghabiskan waktu dan uang, namun peluang kesuksesan jadi semakin jauh. Untuk menghindari hal ini, tentukan target pasar ANda dan kembangkan komunikasi pemasaran yang efektif. 

3. Kembangkan Marketing Message yang Kuat

Setelah menentukan tujuan dan target pasar Anda, inilah saatnya untuk mengembangkan marketing message yang kuat dalam promosi bisnis. Marketing message adalah salah satu komponen terpenting dalam strategi promosi yang dapat mengesankan target dan mengirimkan mereka call to action. Target Anda akan memperhatikan business promotion Anda karena pesan yang disampaikan kuat dan menarik, sehingga membuat mereka penasaran.

4. Survei Pelanggan Anda Saat ini

Strategi dalam promosi bisnis juga penting melibatkan pelanggan Anda saat ini. Para pelanggan mungkin memiliki wawasan tambahan yang bisa membantu Anda menemukan cara terbaik mempromosikan produk dan layanan yang tersedia. MIsalnya, membuat situs web dan kuesioner online berhadiah, akan menarik pelanggan untuk berpendapat dan mengetahui keinginan mereka. Melalui pertanyaan dan jawaban yang diberikan pelanggan, Anda bisa menggunakan data tersebut untuk mengembangkan strategi promosi dan mempertahankan mereka.  

5. Pelajari Bisnis Kompetitor

strategi promosi

Sumber: Freepik

Perusahaan lainnya mungkin menawarkan produk yang serupa dengan produk Anda. Jika demikian, Anda bisa mencoba untuk mempelajari cara kompetitor Anda dalam mempromosikan produk mereka. Ketahui di mana mereka menjual produk dan bagaimana mengembangkan produk inovatif mereka. Anda bisa mempelajari semua komponen tersebut kemudian menerapkannya ke dalam proses promosi Anda sendiri.

6. Buat dan Tampilan Nilai Produk

Saat mempromosikan produk atau layanan yang Anda punya, menampilkan nilai yang ditawarkan sangatlah penting. Nyatakan dengan jelas apa produk Anda dan mengapa berguna bagi pelanggan. Strategi ini sangat efektif untuk membantu mereka mengetahui alasan mereka harus membelinya. Misalnya, jika Anda menjual selimut tebal, promosikan bahwa produk Anda nyaman digunakan, membuat pemakainya tetap hangat saat cuaca dingin, dan tampilkan kelebihan lainnya.

7. Buat Paket Bundling Produk

Paket bundling dapat mendorong pelanggan Anda untuk membeli lebih banyak produk. Hal ini karena mereka dapat menghemat uang dengan membeli lebih dari satu item sekaligus. Anda bisa menggabungkan produk dengan mengemasnya bersama-sama dan promosikan sebagai satu set. Atau Anda bisa menawarkan harga diskon saat pelanggan membeli beberapa barang sekaligus.

8. Tawarkan Sampel Gratis

Strategi promosi yang paling efektif berikutnya adalah tawarkan sampel gratis pada pelanggan terutama produk sekali pakai atau habis pakai, seperti makanan atau skincare. Sampel gratis ini dapat membantu pelanggan untuk menemukan produk baru yang belum mereka tahu nilainya sebelumnya. Di samping itu juga membantu pelanggan untuk mengambil keputusan untuk membeli produk. 

9. Ciptakan Konten Video Promosi yang Menarik

strategi promosi

Sumber: Freepik

Konten video memiliki rasio klik-tayang tertinggi dari semua format digital pemasaran. Iklan digital seperti YouTube dan video pendek di media sosial lainnya, mendominasi dalam digital marketing. Semakin banyak perusahaan yang berinvestasi dengan video konten menarik untuk mempromosikan bisnis mereka.

Perlu Anda selalu ingat bahwa promosi adalah komunikasi marketing pertama dengan pelanggan. Anda harus membuat roadmap yang baik agar promosi Anda menjangkau audiens yang tepat. Untuk itulah beberapa strategi promosi yang telah diuraikan di atas sangat penting untuk kesuksesan penjualan bisnis Anda. Anda juga dapat menerapkan strategi lainnya yang cocok untuk kondisi bisnis Anda. 

Baca juga: 10 Ide Bisnis Anak Muda Modal Kecil Tapi Bisa Untung Besar

Ingin lebih banyak mengetahui strategi promosi yang paling efektif untuk menaikkan omzet penjualan Anda? Perkenalkan Tung Desem Waringin, ahli pakar bisnis dan motivator nomor 1 di Indonesia, punya banyak strategi dan jurus ampuh untuk melejitkan bisnis Anda. 

Tung Desem Waringin membagikan beberapa jurus marketing untuk dongkrak penjualan dalam buku Marketing Revolution, yang sayang Anda lewatkan. Bergabunglah pada Seminar Sales & Marketing Revolution untuk belajar bersama seputar dunia bisnis. Pilihan yang tepat wujudkan kesuksesan di masa depan dengan belajar langsung bersama pakarnya!