Berikut Cara Kaya dari Investasi Valuta Asing! Klik Sekarang Juga!

valuta asing

Valuta asing atau yang sering disebut valas merupakan mata uang asing atau milik negara lain. Selain menjadi alat pembayaran, valas saat ini juga menjadi salah satu produk investasi yang menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Umumnya kurs mata uang asing selalu mengalami perubahan setiap harinya. Keuntungan investor nantinya diperoleh dari naik turunnya nilai kurs mata uang asing tersebut. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, simak dulu beberapa informasi menarik berikut ini.

Pengertian Valuta Asing

valuta asing
Sumber: freepik

Valuta asing adalah mata uang luar negeri yang bisa dijadikan alat tukar atau alat pembayaran dalam jual beli di suatu negara tertentu. Jadi, valas hanya bisa digunakan di negara asalnya, dan tidak dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran di negara lain termasuk di Indonesia. 

Begitu pula sebaliknya, mata uang rupiah hanya bisa dipakai di Indonesia saja, dan tidak bisa dipergunakan untuk transaksi jual beli di luar negeri. Kurs mata uang asing memiliki kurs jual dan kurs beli yang berubah-ubah setiap harinya. Untuk mengetahui nilai kurs valas secara pasti setiap harinya, Anda bisa mengecek di bank, money changer, atau melalui internet.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa investasi valuta asing adalah investasi nilai mata uang asing. Keuntungan yang akan diperoleh tergantung dari naik turunnya kurs valas yang terjadi pada saat itu. Jadi, cara kerjanya adalah Anda menginvestasikan sejumlah uang untuk membeli mata uang asing tertentu di saat harganya rendah. 

Saat pergerakan nilai kurs valas mulai naik, Anda bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, profit yang Anda dapatkan berasal dari selisih harga jual dan harga beli dari valas tersebut.

Perlu Anda tahu bahwa valas terbagi menjadi dua yaitu hard currencies dan exotic currencies. Hard currencies merupakan mata uang asing yang kerap dijadikan alat pembayaran di berbagai transaksi internasional. Contoh mata uang asing yang termasuk dalam hard currencies antara lain USD, EUR, AUD, SGD, GBP, CAD, JPY, NZD, dan juga CHF.

Lain halnya dengan exotic currencies yang tidak bisa dimanfaatkan sebagai alat tukar transaksi internasional. Valuta asing yang termasuk ke dalam exotic currencies adalah sebagai berikut: IDR, THB, PHP, MYR.

Baca juga: 4 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Pas untuk Pemula

Manfaat Valuta Asing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa valas dimanfaatkan sebagai alat tukar atau alat pembayaran di suatu negara tertentu. Namun, mata uang asing juga bisa dipakai untuk transaksi internasional apabila Anda membeli produk tertentu melalui platform online mancanegara. Selain itu, valas juga dapat dijadikan alat pembayaran pada aktivitas ekspor dan impor.

Manfaat lain dari valas adalah sebagai alat pembayaran internasional dan alat perdagangan lintas global. Apabila negara tertentu meminjam uang di negara lain, maka pengembalian uang tersebut bisa menggunakan valuta asing. Manfaat mata uang asing juga sangat besar pada sektor perdagangan internasional.

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Investasi Bodong dan Cara Cerdas Menghindarinya

Jenis-jenis Valas

valuta asing
Sumber: freepik

Setelah memahami apa itu valas, dan apa saja manfaatnya, Anda juga harus tahu jenis-jenis dari valuta asing. Jenis-jenis valas terbagi menjadi enam, yaitu fisik, non fisik, mata uang asing, saldo kredit, surat wesel luar negeri, dan hak penerimaan pembayaran. Ulasannya bisa Anda baca di bawah ini.

1. Fisik

Valas fisik adalah uang kartal dalam wujud uang kertas dan uang logam yang umumnya digunakan dalam perdagangan internasional.

2. Non Fisik

Sesuai dengan namanya, valas jenis ini tidak memiliki wujud dan hanya berupa surat yang didalamnya tercantum total nominal uang. Contoh valas non fisik antara lain cek, wesel, dan lain-lain.

3. Mata Uang Asing

Mata uang asing yang dimaksud adalah hard currencies  yang umum digunakan sebagai alat pembayaran transaksi internasional seperti dollar, euro, yen, dan lain-lain.

4. Saldo Kredit

Jenis valas yang termasuk dalam saldo kredit umumnya ada di berbagai bank devisa suatu negara tertentu.

5. Surat Wesel Luar Negeri

Surat wesel luar negeri adalah surat yang dipergunakan untuk aktivitas ekspor dan impor yang dilakukan suatu negara dengan negara lain.

6. Hak Penerimaan Pembayaran

Jenis valas ini berdasarkan segi bentuk yang terakhir yang berasal dari penduduk yang mendiami suatu negara tertentu.

Baca juga: 6 Tips Cepat Kaya dari Investasi Saham untuk Pemula

Tips Investasi Valas

valuta asing
Sumber: freepik

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di sektor valas, pahami dulu informasi untung rugi,  tips-tips dan ilmu investasi yang terkait dengan valuta asing lainnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Pahami Regulasinya

Tiap-tiap jenis investasi memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Aktivitas investasi valas umumnya dilakukan secara offline dengan menggunakan mata uang fisik. Jadi, pastikan mata uang asing yang dimiliki memiliki kondisi fisik yang sempurna, tidak terlipat, sobek, atau rusak agar tidak mengurangi nilainya.

2. Selektif dalam Memilih Lembaga Investasi

Agar terhindar dari berbagai penipuan atau investasi bodong, berhati-hatilah dalam memilih lembaga investasi. Pilihlah lembaga investasi yang aman dan terpercaya seperti bank dan money changer atau lembaga investasi yang bersertifikasi demi keamanan transaksi. Selain itu, Anda juga harus bisa berpikir kritis dan tidak gegabah dengan bujukan investasi yang memberi iming-iming keuntungan selangit.

3. Pilih Valas yang Memiliki Nilai Investasi Tinggi

Ada banyak valuta asing yang bisa Anda pilih sebagai alat investasi, tapi pastikan untuk memprioritaskan valas dengan nilai investasi yang kuat, tinggi, dan juga stabil. Beberapa rekomendasi valas yang sebaiknya dipilih adalah dolar Amerika Serikat dan dolar Australia.

4. Selalu Mengikuti Perkembangan Berita

Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat ingin melakukan investasi valas adalah selalu mengikuti perkembangan berita ekonomi yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri. Berbagai berita tersebut bisa menjadi pedoman kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual valas yang dimiliki.

Baca juga: 5 Cara Investasi Reksadana Paling Mudah dan Cocok untuk Pemula

Maksimalkan pengetahuan Anda terkait investasi valuta asing dengan mengikuti Seminar My Profit Solution bersama Tung Desem Waringin atau TDW. Investasi ilmu sangat berharga dan memiliki manfaat jangka panjang untuk hari ini dan masa mendatang. Daftarkan diri Anda sekarang juga karena kuota terbatas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top