3 Strategi Word of Mouth Ini Terbukti Buat Produk Viral dan Bisnis Laris Manis!

word of mouth

Dalam dunia bisnis, ada sebuah  istilah yang bernama word of mouth atau komunikasi dari mulut ke mulut. Hal ini merupakan salah satu strategi marketing yang sama hebatnya dengan promosi via media sosial. Sejatinya, manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain. Oleh sebab itu, penyebaran informasi sebuah produk atau jasa tertentu yang terjadi dari mulut ke mulut  sangat efektif dalam menjaring banyak konsumen. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Word of Mouth

word of mouth
Sumber: freepik

Dalam dunia marketing, word of mouth (WOM) adalah cara promosi atau pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Hal ini terjadi secara alamiah, dimana konsumen yang merasa puas terhadap suatu produk atau merek tertentu merekomendasikannya ke orang lain. Penyampaiannya bisa secara langsung maupun melalui halaman media sosial. 

Pengalaman dari orang terdekat yang sudah terbukti berhasil tentunya jadi pertimbangan tersendiri bagi seseorang untuk ikut mencoba produk atau jasa tersebut. Pemasaran dari mulut ke mulut tersebut  secara efektif mampu mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli suatu barang tertentu. 

Dalam hal ini, perusahaan atau pemilik bisnis sangat diuntungkan karena produk mereka dipromosikan secara cuma-cuma. Namun, strategi pemasaran tersebut biasanya tercipta dari aktivitas promosi perusahaan yang gencar sehingga menciptakan brand awareness yang sangat melekat di hati konsumen. 

Semakin sering melakukan iklan maka produk akan semakin viral dan membuat banyak orang penasaran untuk mencoba. Dari situlah kemudian muncul beberapa ulasan yang disampaikan secara lisan maupun tulisan dari konsumen yang mempengaruhi keputusan orang lain untuk ikut serta membelinya. 

Apalagi di era digital seperti sekarang, penyebaran informasi dari mulut ke mulut terjadi via online serta menjalar secara real time dengan sangat cepat. Pemasaran yang terjadi dari mulut ke mulut tersebut juga membuktikan bahwa produk yang dibicarakan memang berkualitas dan memiliki mutu yang baik. 

Baca juga: 5 Manfaat Digital Marketing dan Cara Memulainya

Manfaat Word of Mouth dalam Bisnis

word of mouth
Sumber: freepik

Secara nyata, word of mouth sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan besar bagi kemajuan sebuah bisnis. Simak informasi berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaatnya.

1. Strategi Promosi Low Budget

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa, pemasaran dari mulut ke mulut sama saja dengan promosi gratis. Dalam hal ini, perusahaan sangat diuntungkan karena tidak memerlukan effort lebih atau mengeluarkan anggaran tertentu. Semakin sering produk Anda mendapat ulasan yang positif, maka strategi marketing word of mouth akan bekerja dengan sendirinya.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Pemasaran dari mulut ke mulut bermula saat ada konsumen yang sudah merasakan kehebatan dari produk atau jasa tersebut. Rasa puas yang dirasakan konsumen membuatnya yakin bahwa produk tersebut memang berkualitas. Hal ini kemudian mendorong seseorang untuk merekomendasikan produk yang digunakan ke orang lain. 

Pendekatan ini tentu saja sangat efektif dan berperan besar dalam mempengaruhi orang lain untuk ikut mencoba produk tersebut karena sudah terbukti unggul. Ibarat tongkat estafet, hal ini akan terus berulang dan semakin banyak orang yang penasaran untuk membelinya.

3. Menciptakan Brand Awareness

Tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap sebuah produk menciptakan brand awareness terhadap produk tersebut. Pemasaran dari mulut ke mulut tersebut membuat produk semakin dikenal secara luas di masyarakat. Apalagi jika didukung oleh strategi sosial media dan cara pemasaran online lainnya, produk tak hanya semakin populer, tapi juga dipercaya dan mengundang banyak peminat untuk membelinya.

4. Mendongkrak Omzet Penjualan

Pemasaran word of mouth secara otomatis akan meningkatkan omzet penjualan pada sebuah bisnis. Semakin banyak orang yang merekomendasikan produk Anda, maka produk akan semakin laris di pasaran. Dari promosi cuma-cuma, hasil yang didapatkan bisa melebihi ekspektasi Anda.

Baca juga: Punya Mimpi Omzet Selangit? Tentukan Dulu Target Market Anda dengan 6 Cara Ini

Cara Membangun Strategi Pemasaran dari Mulut ke Mulut

word of mouth
Sumber: freepik

Untuk bisa membangun sebuah sistem pemasaran dari mulut ke mulut, tentu Anda membutuhkan strategi jitu yang mengikuti perkembangan zaman. Di bawah ini akan dijelaskan strategi apa saja yang bisa dicoba agar word of mouth dapat tercipta tanpa Anda perlu susah payah beriklan. 

1. Menggunakan Ulasan Customer

Saat ingin membeli produk baru, orang biasanya akan mencari referensi dari orang lain yang pernah mencobanya. Jika dulu hal ini agak sulit untuk dilakukan, maka berbeda dengan sekarang. Konsumen bisa mencari tahu secara langsung ulasan tentang produk tersebut melalui kolom review yang tersedia di aplikasi marketplace/ e-commerce

Banyak konsumen lain yang meninggalkan baik ulasan positif atau negatif berdasarkan pengalaman pribadinya. Review jujur tersebut bisa menjadi senjata untuk mempengaruhi calon konsumen dalam membeli produk yang Anda jual.

2. Sertakan Hashtag di Postingan Instagram

Instagram menjadi salah satu platform jejaring sosial yang banyak dipakai masyarakat  dalam mencari referensi produk. Jika Anda ingin mendominasi pencarian konsumen di Instagram, maka manfaatkan hashtag dalam setiap postingan yang dibuat. Tuliskan berbagai kata kunci yang relevan atau berkaitan dengan produk yang Anda jual. Semakin banyak hashtag yang ditulis, maka semakin besar postingan Anda akan ditemukan.

Baca juga: Ternyata Gampang Banget Lho Cara Iklan di Instagram! Simak Tutorialnya di Sini!

3. Bekerjasama dengan Influencer

Strategi berikutnya memang tidak gratis, tapi juga memiliki potensi besar dalam meningkatkan penjualan produk. Influencer adalah tokoh publik yang dipercaya oleh masyarakat, sehingga ulasan yang diberikannya selalu bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli produk yang direkomendasikan. Namun, pastikan Anda menggandeng influencer yang tepat untuk mewakili perusahaan dalam mempromosikan produk.

Baca juga: Banjir Order dari Sosial Media Marketing? Buktikan Lewat 6 Cara Ini


Jika ingin tahu rahasia strategi penjualan yang lebih cuan dari word of mouth, Anda wajib mengikuti Seminar Sales Marketing Revolution yang akan dipandu oleh pelatih sukses nomor 1 Indonesia, yaitu Tung Desem Waringin atau TDW. Tak hanya sekedar materi, seminar tersebut secara nyata telah membantu ribuan wirausahawan lainnya dalam mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih dahsyat! Jangan hanya jadi penonton saja! Segera daftarkan diri Anda dan jadilah pebisnis sukses berikutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top