Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

10 Ide Bisnis Anak Muda Modal Kecil Tapi Bisa Untung Besar

Minat anak muda untuk menjadi seorang pebisnis kini semakin tinggi, di mana hal tersebut dapat dilihat dari munculnya banyak bisnis usaha baru yang bergerak di berbagai bidang. Teknologi yang kini berkembang pesat juga dimanfaatkan sebagai peluang berbagai usaha bisnis anak muda yang sangat menjanjikan. Misalnya, membuka toko dan jasa secara online yang dapat memudahkan serta memberikan peluang yang besar pada anak muda yang ingin memulai bisnisnya.

Bisnis yang awalnya dimulai kecil-kecilan jika terus ditekuni, maka dapat berkembang menjadi sangat besar hingga menghasilkan banyak keuntungan dan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Mari simak penjelasan mengenai peluang bisnis anak muda tanpa modal besar yang dapat dicoba berikut ini. 

Ide Bisnis Anak Muda yang Patut Dicoba

bisnis anak muda

Khusus untuk anak-anak muda, ada banyak sekali bidang bisnis yang bisa dicoba dengan keuntungan yang cukup menjanjikan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjadi Blogger

Blogger menjadi salah satu bisnis anak muda yang dapat dicoba, khususnya bagi yang memiliki hobi serta kemampuan menulis yang baik. Bisnis ini hanya memerlukan modal berupa PC atau laptop, jaringan internet, dan situs blog. Cara yang perlu dilakukan untuk memperoleh pendapatan dari bisnis ini adalah dengan memasang iklan, melakukan kerja sama dengan brand tertentu, hingga menjual produk atau jasa pribadi di situs blog yang dimiliki. 

Sementara itu, keuntungan yang didapatkan dari bisnis blogger ini tidak boleh diremehkan karena cukup banyak contoh blogger yang telah sukses hingga memiliki penghasilan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Bagi Anda yang sama sekali tidak memiliki modal bisa melakukan bisnis ini karena pada prinsipnya, bisnis ini dilakukan dengan cara menjualkan atau memasarkan produk orang lain. Hal terpenting dalam menjalankan jenis bisnis ini adalah memiliki jaringan internet, alat komunikasi, serta media sosial atau platform untuk memasarkan produk.

Namun, ada perbedaan antara reseller dan dropshipper ini. Pada sistem reseller, seseorang akan memasarkan dan menjual suatu produk dengan tetap menggunakan nama toko atau perusahaan produk tersebut. Sedangkan dropshipper dapat memasarkan dan menjual produk dari toko atau orang lain dengan menggunakan nama tokonya sendiri.

3. Membuka Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis menjadi salah satu ide bisnis anak muda yang memiliki banyak peluang karena desain ini dibutuhkan dalam berbagai hal. Modal yang paling penting untuk jenis usaha ini adalah keterampilan desain dan aplikasi, serta alat yang diperlukan untuk menunjang desain. 

4. Menjadi Freelancer

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu juga bisa menjalankan bisnis dalam dunia freelance. Modal yang dikeluarkan pada bisnis ini sangat minim, namun untuk pendapatan yang dihasilkan tentunya sangat menggiurkan. Bisnis freelance yang bisa dijalankan seperti programmer, admin toko, admin media sosial, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Menjadi Fotografer

Bisnis anak muda berikutnya adalah bisnis fotografer. Bisnis ini mampu mendatangkan penghasilan yang menggiurkan. Bagi Anda yang mempunyai kemampuan dalam mengambil foto, lihai dalam mencari tema yang unik dan menarik, peluang bisnis menjadi fotografer bisa Anda manfaatkan dengan sebaik mungkin.

6. Membuka Jasa Internet Marketing

Maraknya bisnis online di Indonesia juga menjadi peluang bisnis tersendiri bagi seseorang yang mahir di bidang internet marketing. Pasalnya, saat ini bisnis online tengah menjadi trend bisnis tersendiri di kalangan anak muda, dan banyak bermunculan para pengusaha baru yang memang dimulai dari menyebarkan informasi lewat sosial media.

Namun rupanya, bisnis yang disebar lewat sosial media saja tidak cukup karena diperlukan tim-tim khusus untuk bisa melejitkan bisnis tersebut. Contohnya, diperlukan seorang content creator untuk membuat konsep akun media sosial, visual designer, copywriter, dan juga seseorang yang bisa melejitkan akun bisnis lewat Instagram atau Facebook Ads, dan lain sebagainya. 

7. Menjadi Software Developer

Bagi Anda yang memiliki bakat dalam ilmu programming, hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Banyaknya perusahaan dan instansi yang memerlukan bantuan para developer untuk pembuatan website, programing, dan lain sebagainya membuat ide bisnis yang satu ini menjadi trend dikalangan anak muda.

Bisnis ini tergolong baru karena memang disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini, sehingga para pelaku dari bisnis ini adalah anak muda yang memang senang di dunia tersebut. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa membuat portofolio terlebih dahulu dengan menampilkan keahlian dan juga karya yang pernah Anda lakukan. Atau bisa pula dengan mempromosikan diri lewat sosial media sehingga besar kemungkinan untuk bisa dikenal ke seluruh Indonesia maupun dunia.

9. Bisnis PPOB

Payment Point Online Bank (PPOB) adalah bisnis yang melayani berbagai transaksi virtual seperti pembayaran cicilan motor, isi saldo gopay, pembayaran listrik, pulsa, pembelian tiket pesawat atau kereta, pengisian voucher game, dan lain sebagainya.

Bisnis ini juga menjadi trend dikalangan anak muda karena tidak memerlukan modal yang besar. Uniknya, bisnis ini bisa dilakukan kapan dan di mana saja, sehingga tidak perlu menyewa toko atau ruko untuk membuka usaha ini.

9. Membuka Bisnis Tour and Travel

Bagi Anda yang hobi jalan-jalan atau traveling, ternyata juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, tour and travel ini sedang menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda. Untuk membuka bisnis ini, Anda harus memiliki jaringan yang cukup kuat mulai dari tempat penginapan, transportasi, destinasi wisata, dan lain sebagainya. Supaya lebih mudah menawarkan paket wisata dengan kapasitas banyak, Anda bisa memulainya dengan mendatangi sekolah, perusahaan, hingga berbagai instansi yang biasanya memerlukan hal tersebut.

10. Membuka Jasa Wedding Organizer

bisnis anak muda

Bisnis WO saat ini memang tengah menjadi trend bisnis seiring dengan banyak permintaan calon pengantin untuk mengatur pesta pernikahannya. Modal utama untuk bisa membuka WO adalah jaringan atau networking. Hal tersebut bisa digunakan untuk membantu calon pengantin menemukan vendor-vendor terbaik untuk pesta pernikahan impiannya. Selain itu, Anda pun harus memiliki tim yang solid supaya bisa menjadi WO yang terpercaya. 

Baca juga: Pemula Juga Bisa Kaya Raya dari Bisnis Kos-kosan Lho! Ini 8 Tips Rahasianya

Kenapa Harus Membangun Bisnis di Usia Muda?

Anak muda dikenal sebagai seseorang yang memiliki kreativitas dan semangat yang tinggi untuk melakukan apapun, termasuk menjalankan sebuah bisnis. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa Anda harus membangun bisnis di usia muda:

  1. Selagi masih muda dan fisik masih prima, manfaatkan teknologi untuk bisa membangun bisnis.
  2. Anak muda lebih peka terhadap perubahan trend dari berbagai bidang, karena mereka lebih ingin mencari tahu tentang segala hal. Dari trend inilah, ide-ide akan muncul dan bisa menghasilkan bisnis yang kreatif serta inovatif.
  3. Bisnis di masa muda dapat menciptakan lapangan kerja dan bisa  memberdayakan orang-orang yang ada di sekitar. Jika sudah begitu, maka pertumbuhan pengusaha di Indonesia akan semakin meningkat.
  4. Bisa membangun jaringan bisnis yang lebih luas, di mana jaringan tersebut merupakan aset berharga untuk bisa membangun bisnis Anda ke depannya.
  5. Berkesempatan memiliki banyak bisnis

Baca juga: 8 Kisah Inspiratif Pebisnis Sukses di Indonesia yang Bikin Geleng Kepala

Bisnis di Masa Muda, Gairah untuk Selalu Belajar Selalu Ada

Kesuksesan dan kegagalan memang tidak bisa diukur dari umur, namun jika bisnis dijalankan selagi masih muda, maka gairah untuk belajar akan selalu ada. Jadi, selagi ada kesempatan untuk berbisnis jangan ragu! Terus belajar dan cari mentor bisnis terbaik, sehingga Anda bisa mengikuti apa yan pernah mereka lakukan untuk bisa sukses.

Supaya lebih mudah dalam merintis sebuah bisnis dan menyusun strategi yang tepat, Anda harus mengikuti Seminar Business Revolution. Ada banyak sekali ilmu dan rahasia bisnis sukses yang bisa Anda pelajari dari Tung Desem Waringin. Segera registrasi, dan pastikan Anda menjadi salah satu bagian dari Seminar Business Revolution!