Artikel

Dapatkan informasi terbaru dari Kami

Selain Hartono Bersaudara,Ini 6 Orang Terkaya di Indonesia

Setiap tahunnya, majalah Forbes selalu merilis nama-nama orang terkaya di dunia beserta jumlah kekayaan yang dimiliki. Diantara sekian banyak nama tersebut, ternyata ada beberapa Crazy Rich asal Indonesia yang masuk ke dalam jajaran The Richest tersebut. Kira-kira siapa saja yang mereka? Jika Anda ingin tahu siapa saja yang menyandang predikat orang terkaya di Indonesia, maka simak informasinya berikut ini.

Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Umumnya, orang-orang yang dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia memiliki latar belakang sebagai pengusaha. Total kekayaan yang dimilikinya pun tak tanggung-tanggung karena bernilai hingga triliunan rupiah. Namun, hal tersebut tentunya bisa didapatkan dengan usaha dan kerja keras yang tidak instan. Daripada penasaran, yuk langsung saja cek informasinya di bawah ini.

1. Hartono Bersaudara

Tahukah Anda bahwa orang terkaya di Indonesia adalah pemilik perusahaan rokok lokal yang sudah sangat terkenal sejak dulu? Ya, mereka adalah R. Budi Hartono dan Michael Hartono yang merupakan pemimpin sekaligus owner dari Djarum Group. 

Namun, sumber kekayaan dua bersaudara ini tak hanya berasal dari rokok Djarum saja, tapi juga meliputi bidang perbankan yaitu Bank BCA. Bahkan, Hartono Bersaudara memiliki banyak anak perusahaan lain seperti GDP Venture dan Merk Elektronik Polytron.

Berbagai startup kenamaan asal Indonesia seperti Gojek, Kaskus, Blibli.com, dan Tiket.com bisa sukses seperti sekarang berkat investasi dari GDP Venture. Belum puas sampai disitu saja, bisnis perangkat elektronik merk Polytron juga menyumbang pundi-pundi rupiah yang menambah jumlah kekayaan Hartono bersaudara.

Total kekayaan milik R. Budi hartono sendiri tercatat mencapai 21,4 miliar dolar AS atau 313,9 triliun rupiah, sedangkan Michael Hartono mengantongi 20,6 miliar dolar AS yang setara dengan 302 triliun rupiah.

Nilai yang sangat fantastis tersebut tak hanya mengantar keduanya menjadi orang paling kaya di tanah air, tapi juga masuk ke dalam 100 orang terkaya di dunia. Lebih tepatnya, Hartono bersaudara berada di peringkat 64 dan 69 sebagai orang paling tajir di level global.

Baca juga: Rahasia! Ternyata Ini Cara Menghasilkan Uang ala Orang Kaya

2. Chairul Tanjung

Crazy Rich Indonesia yang menempati posisi selanjutnya sebagai orang terkaya di tanah air adalah Chairul Tanjung. Meski kaya dari kerajaan bisnis yang dibangunnya, Chairul Tanjung juga pernah menjabat sebagai Menteri Perekonomian pada tahun 2014 silam.

Pemilik perusahaan CT Corps tersebut pada awalnya menjalankan bisnis di bidang media televisi dengan mendirikan Trans TV dan juga Trans 7. Tak berhenti sampai disitu saja, Chairul Tanjung yang juga kerap disapa CT ini juga punya bisnis di bidang perbankan yaitu Bank Mega.

CT bahkan juga terjun ke dunia perhotelan, ritel, serta hiburan dengan membangun Trans Luxury Hotel, TransMart, dan Trans Studio yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Di tahun 2022 ini, CT juga berhasil naik ke peringkat dua orang terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan 7,5 miliar dolar AS atau 110 triliun rupiah.

Baca juga: Pasti Dahsyat! Tiru 6 Cara Menjadi Orang Kaya Berikut Ini

3. Sri Prakash Lohia

Posisi orang terkaya di tanah air berikutnya berhasil diraih oleh Sri Prakash Lohia. Pada tahun 2022 ini, total kekayaan yang dimilikinya, mencapai 6,6 miliar dolar AS atau sekitar 96,8 triliun rupiah. 

Lalu dari mana sumber kekayaan Sri Prakash Lohia berasal? Ternyata, dirinya merupakan pemilik Indorama Corporation yang merupakan perusahaan global di bidang produksi polietilena, polipropilena, serat poliester, filamen, benang pintal, kain, dan sarung tangan medis.

oorang terkaya di Indonesia

Sumber: Freepik

4. Prajogo Pangestu

Dijuluki sebagai konglomerat Grup Barito, nama Prajogo Pangestu juga merupakan orang terkaya nomor 4 di Indonesia. Hingga sampai saat ini, total kekayaan yang berhasil dikumpulkan menyentuh angka 5,4 miliar dolar AS atau 79,2 triliun rupiah. Selain menjadi pengusaha kayu, Prajogo Pangestu juga menjalankan bisnis di sektor petrokimia. 

Baca juga: Baca 5 Rekomendasi Buku Self Improvement Ini Jika Mau Sukses dan Kaya Raya!

5. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong merupakan pengusaha batu bara sekaligus pemilik Bayan Resources. Berkat bisnisnya tersebut, dirinya memiliki kekayaan mencapai 4,1 miliar dolar AS atau mencapai 54 triliun rupiah.

6. Theodore Rachmat 

Di nomor enam ada Theodore Rachmat yng merupakan pendiri Triputra Group. Perusahaan yang dikelolanya menjalankan bisnis di bidang karet olahan, batu bara, perdagangan, manufakturing, agribisnis, dealership motor dan logistik.

Tak hanya itu saja, Theodore Rachmat juga punya andil besar di PT Adaro Energy yang merupakan perusahaan tambang batu bara di Kalimantan. Dalam membesarkan perusahaan tersebut, dirinya tidak sendirian tapi juga didukung oleh saudara sepupunya yang bernama Edwin Soeryadjaya.

Tercatat kekayaan yang dimiliki Theodore Rachmat telah mencapai 3,3 miliar dolar atau 48 triliun rupiah. 

Baca juga: Inilah Sederet Gaya Hidup Orang Sukses yang Patut untuk Ditiru

7. Wijono dan Hermanto Tanoko

Jika peringkat pertama orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Hartono bersaudara, maka peringkat ketujuh adalah Tanoko Bersaudara. Keduanya adalah pemilik perusahaan Avia Avian yang memproduksi cat dan juga produk-produk kimia. Total kekayaan yang dimiliki keduanya adalah 3,2 miliar AS atau setara dengan 46,9 triliun rupiah. 

Baca juga: Ingin Jadi Orang Sukses? Lakukan 9 Kebiasaan Ini!

Itulah ketujuh orang terkaya di Indonesia yang notabene adalah deretan pengusaha di bidang yang berbeda-beda. Untuk menjadi kaya, kerja keras saja tidak cukup, Anda juga harus mengaplikasikan ilmu finansial yang tepat sehingga bisa mengelola keuangan dengan baik.

Oleh sebab itu bergabunglah ke Seminar Financial Revolution untuk mempelajari berbagai tips dahsyat cepat kaya dari master trainer terbaik sekaligus pebisnis ulung Indonesia Mr Tung Desem Waringin. Daftar sekarang juga di sini karena seat terbatas!